Samarinda

Pembangunan Kurang Tepat Sasaran, Samri Soroti Dinas PUPR

Ketua Komisi III DPRD Samarinda Samri Shaputra. (qon/editorialkaltim.com).

Editorialkaltim.com –  Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Samri Shaputra soroti kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Samarinda, menurutnya Dinas PUPR hanya fokus dalam serapan anggaran tetapi menyampingkan fungsi kebermanfaatan dari suatu pekerjaan.

“Capaiannya kemarin menyampaikan laporan sih mencapai 90 persen. Cuman yang kita perlu jangan hanya mengejar target, tapi perhatikan juga kualitasnya. Ini kadang-kadang hanya mengejar target menghabiskan anggaran, tapi tidak memperhatikan kualitas di lapangan, atau memperhatikan fungsi dari pembangunan itu,” tegasnya. 

Baca  Bahas LKPJ Wali Kota 2022, Novan Kritisi Penanganan Banjir di Samarinda

Dirinya memberi contoh pembangunan drainase di Samarinda yang kurang tepat sasaran. Samri menilai banyak pengerjaan pembangunan drainase yang sebenarnya tidak perlu dibangun pondasi tambahan tetapi cukup di normalisasi saja.

“Ini kan dipaksakan bikin drainase ini, ini drainase sebenarnya masih bagus cuman perlu normalisasi saja seperti di gali. Ini tidak, malah dibuatkan dan di double pondasi nya, yang tadinya luas jadi sempit. Padahal yang diperlukan sebenarnya bukan pembangunan, tapi normalisasi seperti digali itu sedimentasi nya, dibuang dan diambil sampah nya, kemudian lancar,” Ujarnya.

Baca  Kota Layak Anak Bukan Jaminan: Sani Kritisi Pemenuhan Kesejahteraan Anak di Samarinda

Politisi PKS ini mendorong Dinas PUPR Samarinda untuk mengupayakan program-program pembangunan yang sesuai dengan fungsi dan keinginan masyarakat kota Samarinda. Sehingga, masyarakat dapat merasakan hasil yang sesuai dari kontribusi mereka terhadap pembangunan.

“Jadi membuat program itu apa yang diinginkan masyarakat. Misalkan 1 kampung ini masyarakatnya minta semenisasi, jangan dikasih gedung pertemuan. Di kampung ini semenisasi tidak perlu, tapi perlu nya gedung pertemuan. Nah baru kasih itu gedung pertemuan. Dengan begitu masyarakat merasa mendapatkan kepuasan terhadap apa yang sudah mereka keluarkan ketika membayar pajak,” tutupnya. (qon/nfa/adv)

Baca  Revitalisasi Little Chinatown Diharapkan Tingkatkan PAD Samarinda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button