Kaltim

Anggota DPRD Kaltim Ambulansi Komariah Ajak Warga Lok Bahu Perangi Narkoba

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Ambulansi Komariah saat melakukan sosialisasi peraturan daerah (Sosper) di Lok Bahu, Minggu (18/6/2023).(Istimewa).

Editorialkaltim.com – Anggota DPRD Kaltim, Ambulansi Komariah mengadakan sosialisasi kepada warga Lok Bahu RT 18, Kecamatan Sungai Kunjang pada Minggu (18/06/2023).

Sosialisasi tersebut berkaitan dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2022 tentang Fasilitas Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Prekursor Narkotika, dan Psikotropika (FP4GNPNP).

Partisipasi warga setempat terlihat sangat antusias dalam menyambut kegiatan sosialisasi tersebut. Komariah menjelaskan, salah satu upaya dalam mencegah penyalahgunaan obat terlarang, termasuk narkoba, adalah melalui edukasi kepada generasi muda melalui berbagai kegiatan.

Baca  Bangun Rasa Cinta Tanah Air, Ambulansi Komariah Gelar Soswabang

“Dalam sosialisasi Perda yang kami lakukan, tujuannya adalah mencegah generasi muda agar menyadari konsekuensi kesehatan mental dan hukum yang akan mereka hadapi jika mengonsumsi obat terlarang,” ujarnya.

Partisipasi aktif warga Lok Bahu saat mengikuti Sosialisasi Perda FP4GNPNP oleh Anggota DPRD Kaltim, Ambulansi Komariah. (istimewa).

Dua narasumber akademisi di bidang kesehatan dan hukum hadir untuk memberikan penjelasan kepada warga Lok Bahu mengenai dampak penggunaan narkoba. Mereka adalah Fitroh Asriyadi dan Ikhwanul Muslim yang merupakan akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT).

“Sebab dampaknya tidak hanya terhadap kesehatan, tetapi juga melibatkan masalah hukum. Hal ini sangat berpengaruh pada masa depan kita dan generasi penerus,” terang Komariah.

Baca  Ponpes Nabil Husein dan PWI Kaltim Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Santri Samarinda

Menurut politikus Gerindra ini, obat terlarang seperti narkoba dapat merusak jiwa, kesehatan mental, dan masa depan generasi bangsa. Oleh karena itu, kita semua memiliki kewajiban untuk mencegah penyalahgunaan narkoba dengan berbagai cara.

“Kasus penyalahgunaan narkoba terus meningkat setiap tahunnya. Maka dari itu, fokus utama harus diberikan pada upaya pencegahan. Melalui sosialisasi yang baik dan pemahaman yang mendalam oleh generasi muda, mereka akan memiliki pengetahuan yang cukup untuk tidak terjerumus dalam perilaku negatif tersebut,” tegasnya.

Baca  DPRD Kaltim Terima Kunjungan Akademisi FH Unmul dan ALHI

Dia juga berharap agar para orang tua terus memantau dan mengawasi anak-anak mereka agar terhindar dari pergaulan bebas dan bahaya narkoba.

“Kami harap melalui kegiatan edukasi ini dapat meningkatkan kesadaran dan memberdayakan masyarakat dalam melawan penyalahgunaan narkoba, dimulai dari lingkungan keluarga,” pungkasnya (nfa/adv).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button