Samarinda

Optimalisasi Anggaran di Samarinda: Evaluasi dan Proyeksi Fahruddin di Rapat Paripurna DPRD

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Samarinda, Fahruddin. (istimewa)

Editorialkaltim.com – Rapat Paripurna Internal DPRD Samarinda untuk Masa Persidangan II Tahun 2024 berlangsung pada Rabu (15/5/2024). Acara ini diadakan di Lantai 2 Kantor DPRD Samarinda, dengan kehadiran seluruh anggota dewan termasuk ketua dan wakilnya. Fokus utama rapat adalah pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Samarinda untuk Tahun Anggaran 2023.

Ketua Panitia Khusus LKPJ Walikota TA 2023, Fahruddin, mengungkapkan realisasi anggaran tahun lalu mencapai 4,4 triliun dari total 4,8 triliun. Ini menunjukkan sekitar 90 persen anggaran telah terserap dengan baik, suatu pencapaian yang signifikan mengingat kondisi ekonomi saat itu.

Baca  Fahruddin Yakini Ekonomi Kreatif Mampu Menopang Perekonomian Daerah

Dalam kesempatan itu, Fahruddin juga menyebutkan timnya telah melakukan evaluasi terhadap 9 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 2 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melalui serangkaian hearing dan inspeksi lapangan. Hasil evaluasi ini akan dijadikan rekomendasi untuk peningkatan kinerja pemerintah kota di masa mendatang.

“Untuk proyek besar, akan kami terapkan mekanisme pembiayaan tiga tingkat: dari kota, provinsi, dan nasional. Ini untuk memastikan APBD kita bisa dioptimalkan untuk proyek vital seperti perbaikan jalan dan sekolah,” ujar Fahruddin.

Baca  Bapemperda Samarinda Segera Bahas Aturan Baru Tentang Pajak dan Retribusi Daerah

Fahruddin menambahkan di Samarinda terdapat banyak infrastruktur yang perlu pemeliharaan rutin. Oleh karena itu, perlu ada strategi khusus agar proyek besar dan perawatan infrastruktur skala kecil dapat berjalan beriringan, melalui skema pembagian anggaran tiga tingkat tersebut. (adr/shn/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button