Kaltim

KPID Kaltim Ajak Siswa Prakerin Belajar Dunia Penyiaran ke Kompas TV Tenggarong

Komisoner KPID Kaltim, Adji Novita (duduk di tengah) bersama siswa prakerin saat mengunjungi Kompas TV Tenggarong, Rabu (5/4/2023). (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Untuk memberikan pengalaman langsung mengenai dunia penyiaran yang tidak bisa diperoleh dari sekadar teori di dalam kelas. Komisioner KPID Kaltim, Adji Novita Wida Vantina kembali mengajak siswa prakerin mengunjungi lembaga penyiaran pada, Rabu (5/4/2023).

Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) Kompas TV Tenggarong menjadi penutup dari kunjungan lapangan siswa prakerin kali ini. Sebelumnya, para siswa diajak untuk berkunjung ke Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Televisi Republik Indonesia (TVRI) Kaltim dan RRI Samarinda.

Baca  Sinergitas PUG di Kaltim, Komisi IV DPRD Kaltim Gelar Rapat Kerja

Adji menyampaikan terima kasih kepada pihak LPS Kompas TV Tenggarong yang telah memperbolehkan mereka untuk belajar langsung tentang dunia penyiaran. Rombongan KPID Kaltim diterima langsung oleh Kepala Biro Kaltim Kaltara, Jasmin Jafar.

“Terima kasih atas waktunya memperbolehkan kami berkunjung untuk belajar langsung dunia penyiaran,” ungkap Adji.

Kunjungan ini menambah pengalaman baru para siswa. Mereka dapat melihat langsung proses produksi program siaran yang sangat menarik dan memperoleh wawasan baru tentang teknologi produksi dan isi program siaran yang disiarkan di stasiun televisi.

Baca  Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Kabupaten/Kota se-Kaltim Tahun 2023

Dalam pengenalannya, Jasmin Jafar menjelaskan, ada waktu 2 jam untuk penayangan konten lokal di Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) ini, yaitu dari setengah 6 sampai setengah 8. Terdapat alat yang digunakan untuk mengalihkan siaran dari nasional ke lokal, begitu juga sebaliknya.

Dia juga menerangkan, program siaran yang telah tersusun tidak dapat diubah atau ditukar secara sembarangan. Selain itu, program siaran juga harus tayang sesuai dengan jam yang telah ditentukan.

Baca  Wapres Kunjungi Samarinda, KAMMI Kaltimtara Tuntut Atasi Tambang Ilegal hingga Rehabilitasi Hutan

“Program siaran juga tidak boleh ditukar-tukar, harus tayang sesuai jam programnya. Karena berpengaruh pada jam siaran di nasional,” terangnya.

[HMS | NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button