Samarinda

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Dukung Pelayanan KB Gratis di Puskesmas Makroman

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sri Puji Astuti (ujung kiri) saat menghadiri Pencanangan dan Pelayanan KB gratis Puskesmas Sambutan Makroman, Kamis (9/3/2023).

Editorialkaltim.com – Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia, Puskesmas Sambutan Makroman menggelar Pencanangan dan Pelayanan KB gratis. Kegiatan yang digerakkan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) ini dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti.

“Terima kasih Puskesmas Makroman yang sudah menjadi garda terdepan dalam kegiatan dan pelayanan keluarga berencana,” ucapnya, Kamis (9/3/2023).

Puji mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Puskesmas Makroman tersebut. Menurutnya, Pemerintah bertanggung jawab menjamin penyediaan pelayanan KB yang aman dan bermutu sesuai standar profesi dan etik, yang berkelangsungan, dan dapat menjangkau dan terjangkau masyarakat. Pelayanan KB gratis ini berlangsung sejak 8 Maret hingga 20 April 2023.

Baca  DPRD Samrinda Ingin Lindungi UMKM Lokal Lewat Raperda

Dia menjelaskan, Undang-undang Nomor 52/2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, salah satu tolak ukur penduduk yang berkualitas adalah dilakukan upaya pengendalian angka kelahiran, penurunan angka kematian, pengarahan mobilitas kependudukan hingga menyiapkan pengaturan perkawinan serta kehamilan yang produktif dan sehat menuju kesejahteraan keluarga.

“Untuk itu kita mengatur kelahiran anak, jarak, usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, reproduksi yang produktif dan berkualitas menuju keluarga yang sejahtera dan berkualitas,” terangnya.

Baca  Pemkot Samarinda Bakal Bangun Playground, Samri: Pastikan Itu Lahan Pemerintah bukan Milik Warga

Dia mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terus mendukung program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dengan pencanangan pelayanan KB awal 2023.

“Kami berharap program ini terus berjalan sehingga proses menciptakan kependudukan yang sehat dan berkualitas setiap generasinya,” harapnya.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button