Kaltim

Hetifah Sjaifudian Gelar Forum Penguatan Jejaring Tata Kelola Destinasi Wisata di Samarinda

Forum Penguatan Jejaring Tata Kelola Destinasi Wisata di Samarinda.

Editorialkaltim.com – Dalam upaya meningkatkan kualitas destinasi pariwisata di Samarinda, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar “Forum Penguatan Jejaring Tata Kelola Destinasi Wisata” di Desa Budaya Pampang, pada Kamis (16/6/2023).

Forum ini bertujuan untuk mendorong peningkatan daya saing, ketertarikan, dan keberlanjutan destinasi wisata di Samarinda.

Staff Ahli Kemasyarakatan Samarinda, Adriyani yang turut hadir memberi sambutan dalam agenda tersebut berharap, sektor pariwisata dapat menjadi ujung tombak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samarinda. Dia mengakatan, Desa Budaya Pampang yang telah resmi dibuka sejak 1991, telah berhasil menarik minat wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Baca  Pendapatan Kaltim Meningkat, Pj Gubernur Fokus pada Optimalisasi Sumber Daya

“Kedepannya saya mendorong agar ada peningkatan fasilitas di Desa Budaya Pampang, salah satunya pembuatan eco museum,” ujarnya.

“Saya berharap, semua potensi yang ada di desa tersebut dapat dikelola dengan lebih baik,” lanjutnya.

Staff Ahli Kemasyarakatan Samarinda, Adriyani.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian mengatakan, untuk pertamakalinya, Indonesia memiliki undang-undang tentang kebudayaan nasional. Pada 27 April 2017, Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan disahkan Pemerintah sebagai acuan legal-formal pertama untuk mengelola kekayaan budaya di Indonesia.

Baca  Puji Nilai Potensi Wisata Samarinda Menjanjikan, Perlu Perbaikan di Segi Pelayanan

“Saya akui hari ini desa wisata pampang memang menjadi salah satu tujuan utama wisatawan untuk mengetahui kebudayaan adat suku dayak,” ujar Hetifah.

Hetifah juga mengatakan, salah satu fokus dari forum tersebut adalah meningkatkan keterlibatan komunitas dalam membenahi tata kelola kelompok sadar wisata dan menambah atraksi budaya untuk mengembangkan Desa Budaya Pampang.

Baca  Kemenkraf Gelar Seminar Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual: Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Kaltim

“Selain itu, pemerintah juga berkomitmen untuk memperbaiki infrastruktur Desa Budaya Pampang, mulai dari yang terkecil,” pungkasnya. (qon/nfa/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button