Samarinda

Nursobah Dukung Pemkot Samarinda Segera Lakukan Modernisasi Sistem Informasi

Editorialkaltim.com – Samarinda berpotensi besar dalam merancang masa depan teknologi informasinya. Baru-baru ini, seminar tentang IT membahas peran penting Artificial Intelligence (AI) dan potensi DGX super komputer dari NVIDIA.

“DGX super komputer dapat menjadi solusi untuk kampus dan pemerintah,” ungkap Nursobah.

Di Florida, beberapa kampus telah menggunakan ratusan unit super komputer. Mungkin Samarinda bisa melakukan kerjasama dengan kampus-kampus ini dalam pengembangan sebelum membeli perangkat kerasnya sendiri.

Baca  Anggota Dewan Nursobah Apresiasi Prestasi Pelajar SMK

“Kerjasama ini bisa membantu Samarinda berdaya melalui teknologi dan integrasi data,” jelas Nursobah.

Universitas Gunadarma, yang bekerja sama dengan STMIK Wicida di Kaltim, memiliki tiga unit super komputer. Penggunaan teknologi ini akan sangat membantu dalam modernisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“IT sangat penting dalam penyimpanan, pengelolaan, dan formulasi data,” kata Nursobah.

Baca  Dewan Samarinda Fasilitasi Pertemuan Perusahaan dan Warga Bantuas

Peralatan IT yang cocok untuk pemerintah pasti sangat banyak. Oleh karena itu, perlu penyesuaian dan riset bersama untuk memilih perangkat yang tepat, bukan yang terbaik.

“Kita bisa belajar dari negara maju seperti Amerika, China, Rusia, dan Eropa,” imbuh Nursobah.

DGX super komputer sangat diperlukan untuk analisis dan pengelolaan data penduduk Samarinda. Dengan data ini, berbagai masalah seperti banjir, sampah, lalu lintas, kerusakan jalan, keamanan siswa, dan aktivitas penunjang ekonomi di pasar rakyat bisa diatasi dan dipantau.

Baca  Revitalisasi Stadion Palaran Dapat Dorongan Kuat dari Samri

“Harapannya, Samarinda segera melakukan modernisasi sistem informasi sesuai kebutuhan dan teknologi yang tersedia,” pungkas Nursobah. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button