BalikpapanKaltimKukar
Trending

Enam Kali Berturut-turut, Kafilah Kukar Juara Umum MTQ Ke-44 Kaltim 2023

Kafilah Kukar Juara Umum MTQ Ke-44 Kaltim 2023. Foto: Dok Media Center MTQ Kaltim

Editorialkaltim.com – Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Timur ke-44 Tahun 2023 di Kota Balikpapan, ditutup pada Minggu (21/5/2023) malam. Ajang kompetisi bidang Al-Qur’an yang digelar mulai 14 hingga 21 Mei 2023 ini telah menghasilkan para juara.

Dari 10 kafilah kabupaten/kota yang bermusabaqah, dewan hakim telah memutuskan daftar urut para pemenangnya. Dari hasil MTQ kali ini, posisi juara umum belum bergeser sama sekali adalah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang berhasil meraih juara umum dan mengukuhkan diri sebagai juara umum enam kali berturut-turut pada MTQ Ke-44 tingkat Provinsi Kaltim.

Baca  Bupati Kukar Resmikan Jalan Desa Segihan sebagai Akses Penghubung ke Jembatan Sebulu
Penyerahan piala dan hadiah untuk para juara. Foto: Dok Media Center MTQ Kaltim

Langganan juara umum Kabupaten Kukar dimulai sejak MTQ ke-39 di Penajam Paser Utara (2017), MTQ ke-40 di Berau (2018), MTQ ke-41 di Paser (2019), MTQ ke-42 di Bontang (2021), MTQ ke-43 di Samarinda (2022) dan terbaru MTQ ke-44 di Balikpapan (2023).

Kabupaten Kukar menempati urutan pertama dengan meraih nilai 104, kemudian disusul Kota Bontang dengan nilai 90, Kota Samarinda di urutan ketiga dengan nilai 80, posisi keempat diraih Kutai Timur dengan nilai 60, sedangkan tuan rumah Kota Balikpapan berada diposisi kelima dengan nilai 42.

Dalam sambutannya, Hadi Mulyadi mengumumkan bahwa tahun depan, Kaltim akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke 30. Dimana venuenya akan tersebar di wilayah Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, dan IKN.

Baca  Irwan Dorong Basuki Hadimuljono Jadi Kepala Otorita IKN Definitif Usai Pensiun di PUPR

“Ini instruksi presiden langsung, agar MTQ Nasional digelar di Kaltim dalam rangka mendukung IKN,” ungkapnya.

Seremoni penutupan MTQ ke 44 Kaltim ditutup dengan pemukulan bedug oleh Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi diiringi dengan pukulan rebana dari para kepala daerah kabupaten/kota.

Sebagai informasi, Cabang yang dilombakan  adalah tilawah, hifzh (hafalan), fahmil Qur’an (cerdas cermat), syarhil (seni deklamasi), khattil (kaligrafi) dan musabaqah Al hadits.  Tafsir Alquran bahasa Arab, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta syahril Qur’an.

Baca  Estafet Kepemimpinan di Muara Jawa, Komitmen Pembangunan Berkelanjutan

Berikut urutan pemenang MTQ Ke-44 Provinsi Kaltim di tahun 2023:

  1. Kutai Kartanegara nilai 104
  2. Bontang nilai 90
  3. Samarinda nilai 80
  4. Kutai Timur nilai 60
  5. Balikpapan nilai 42
  6. Paser nilai 29
  7. Penajam Paser Utara nilai 26
  8. Berau nilai 26
  9. Mahakam Ulu nilai 4
  10. Kubar nilai 0

[NDI]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button