Samarinda

Ketua DPRD Samarinda Sugiyono Dukung Penuh Kesiapan Operasi Mantap Brata Jelang Pemilu

Ketua DPRD Samarinda Sugiyono Dukung Penuh Kesiapan Operasi Mantap Brata Jelang Pemilu. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu), Operasi Mantap Brata 2023-2024 digelar untuk memastikan kesiapan personel dan sarana pendukung dalam mengamankan jalannya pemilu. Dukungan penuh juga datang dari berbagai pihak, termasuk Ketua DPRD Kota Samarinda, Sugiyono.

Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dilaksanakan serentak di berbagai wilayah di Indonesia. Pada Selasa (17/10/2023), Apel tersebut digelar di Polresta Samarinda yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 1 Samarinda. Selain anggota kepolisian, upacara tersebut juga dihadiri oleh TNI, perwakilan dari Kementerian/Lembaga Instansi, dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Baca  Golput Masih Tinggi, Sugiyono: Kirab Pemilu Jadi Kesempatan Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Operasi ini direncanakan berlangsung selama 222 hari, dimulai dari 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024. Sebagai upaya memastikan pemilu berlangsung dalam kondisi aman dan kondusif, sebanyak 261.695 personel dikerahkan di seluruh Indonesia.

Selain Operasi Mantap Brata, Polri juga menginisiasi Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024. Operasi ini bertujuan untuk memperkuat narasi persatuan dan kesatuan bangsa, serta mencegah polarisasi yang mungkin timbul akibat berita hoax, isu sara, propaganda firehouse of falsehood, dan black campaign. Sebagai langkah konkret, Satgas Anti Money Politics dan Satgas Pemilu Damai pun turut dilibatkan.

Baca  Sugiyono Pastikan Kinerja DPRD Samarinda Tetap Optimal Selama Masa Kampanye

Mengenai kesiapan ini, Sugiyono memberikan apresiasi. Dalam wawancaranya usai mengikuti apel, beliau menyampaikan, “Pemilu adalah momen demokrasi yang sangat penting bagi bangsa ini. Saya sepenuhnya mendukung upaya Polri khususnya di wilayah Kota Samarinda untuk memastikan pemilu berlangsung dengan aman dan kondusif.”

Diharapkan dengan kesiapan dan kerja sama dari berbagai pihak, pemilu serentak yang akan datang dapat berjalan dengan lancar, aman, dan sukses, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan nyaman.

Baca  Budi Wibowo Kenalkan Akademi Pemilu Demokrasi ke Masyarakat Kutim

Kerjasama dan komitmen semua pihak dalam menciptakan pemilu yang kondusif menjadi harapan bersama. Dengan demikian, masyarakat dapat merasakan atmosfer pemilihan yang menggembirakan dan demokratis. (lin/adv).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button