Samarinda

Peningkatan LPJU di Samarinda: Fokus ke Daerah Pinggiran Demi Keselamatan

Samri Shaputra, Wakil Ketua Komisi III DPRD Samarinda (Istimewa)

Editorialkaltim.com – Samri Shaputra, Wakil Ketua Komisi III DPRD Samarinda, menekankan perlunya peningkatan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) untuk memastikan keselamatan masyarakat. Dinas Perhubungan Samarinda, yang sedang giat memasang penerangan jalan dalam program “Samarinda Terang 2024”, diingatkan untuk lebih memfokuskan pemasangan di daerah pinggiran.

Dalam upaya mewujudkan kota yang lebih terang, Dishub Samarinda telah memetakan beberapa titik yang akan dipasangi lampu, termasuk di Jalan Pangeran Suryanata, Kawasan Lempake hingga Tanah Merah, Simpang Paser, Pattimura, Trikora, dan Rapak.

Baca  Samri Minta Dishub Anggarkan Secara Rutin untuk Penerangan di Kawasan Pinggiran

“Saya percaya daerah kota sudah memadai penerangannya. Namun, daerah pinggiran yang seringkali kurang mendapat perhatian menjadi prioritas, karena jika dibiarkan gelap, resikonya sangat besar,” jelas Samri, Kamis (12/10/2023).

Menurutnya, absennya penerangan jalan di kawasan pinggiran dapat berakibat fatal. Selain meningkatkan resiko kecelakaan, juga dikhawatirkan bisa menimbulkan berbagai masalah lain.

“LPJU bukan sekedar penerangan, tetapi juga sebagai benteng keselamatan bagi pengguna jalan,” ujar Samri.

Baca  Abdul Rofik Dukung Perda Miras Segera Disahkan

Tidak hanya di daerah pinggiran, Samri juga mendorong agar jalan-jalan alternatif, seperti gang-gang sempit, diberikan penerangan. Meski demikian, dia mengingatkan pentingnya menetapkan prioritas.

“Semua jalan tentu membutuhkan penerangan. Namun, jika berbicara anggaran, kita harus bekerja sesuai skala prioritas. Pengerjaan daerah dengan risiko tinggi harus didahulukan,” tutupnya. (lin/adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button