Samarinda

Kampus Tanpa Skripsi, Wakil Rektor Unmul: Kami Sudah Terapkan 

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Mulawarman, Prof Lambang Subagiyo. (qon/editorialkaltim.com).

Editorialkaltim.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan bahwa skripsi bukan satu-satunya syarat kelulusan mahasiswa S1 dan D4. Menyikapi kebijakan itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Mulawarman, Prof Lambang Subagiyo memberikan tanggapan. 

Menurutnya rambu – rambu yang diberikan mas menteri telah sesuai dengan isi permen yang menyebutkan percepatan peningkatan sumberdaya manusia dan transformasi standard perguruan tinggi.

Baca  Daya Tampung Jalur SNBT dan SMPTN Unmul 2023

“Ini tidak masalah dan Unmul sudah menerapkan itu. Mau ngerjain proyek, bikin prototype itu sah-sah saja asal tidak mengurangi mutu akademisnya,” jelasnya.

Dia menyampaikan, skripsi dan tesis merupakan bagian dari mata kuliah. Perguruan tinggi akan melihat kembali profil kurikulum hingga target pembelajaran yang ditetapkan untuk menentukan syarat kelulusan mahasiswa pada setiap program studi.

Baca  Wali Kota Dan DPRD Samarinda Sepakati Rancangan KUA-PPAS Perubahan APBD TA 2024

“Sejatinya fungsi kampus harus terus berjalan untuk mencetak sumber daya unggul, ketika kendala di skripsi ya cari jalan lain yang selevel,” jelasnya.

Presiden BEM Fakultas Hukum Unmul, Wildan

“Unmul sebelumnya sudah memberikan apresiasi buat mahasiswa yang sudah menghasilkan jurnal scopus itu bisa disetarakan dengan skripsi, namun yang memanfaatkan masih kurang,” tambahnya.

Sementara itu Presiden BEM Fakultas Hukum Unmul, Wildan mensyukuri dihilangkannya syarat wajib kelulusan melalui skripsi. 

Baca  Komisi III DPRD Segera Evaluasi OPD soal Infrastruktur Samarinda

“Terkadang ada beberapa mahasiswa yang sulit menemui dosen ketika bimbingan, itu menjadi kendala,” jelasnya. (qon/nfa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button