Penajam Paser Utara

PPU Inisiasi Gerakan ‘Bakti Taka Bersih Kampung’

Gerakan Akselerasi Serambi Nusantara ‘Bakti Taka Bersih Kampung’

Editorialkaltim.com – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Zainal Arifin, meluncurkan Gerakan Akselerasi Serambi Nusantara ‘Bakti Taka Bersih Kampung’ dalam upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Acara peluncuran ini diadakan di Kelurahan Pantai Lango, Kecamatan Penajam, bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-60, pada Jumat (25/10/2024).

Gerakan ini dirancang sebagai inisiatif komprehensif yang mengintegrasikan upaya pembersihan, pendidikan lingkungan, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan diharapkan menjadi contoh untuk gerakan serupa di seluruh Serambi Nusantara. Zainal Arifin dalam sambutannya menekankan bahwa kebersihan lingkungan tidak hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga semua elemen masyarakat.

Baca  Pj Bupati PPU Serahkan Sertifikat Tanah Petambak Maridan

“Melalui gerakan Bakti Taka Bersih Kampung ini, kita ingin mendorong setiap individu untuk mengambil peran aktif dalam menjaga dan memelihara lingkungan sekitar. Ini adalah fondasi untuk kesehatan yang lebih baik dan kehidupan masyarakat yang lebih harmonis,” ujar Zainal.

Dalam kegiatan ini, Zainal Arifin juga menyoroti pentingnya daur ulang sebagai cara untuk menambah nilai ekonomi dari sampah, mengurangi jumlah limbah, dan melindungi alam. “Setiap sampah yang kita kelola dengan benar bisa berkontribusi pada ekonomi lokal dan menjaga kelestarian lingkungan kita,” tambahnya.

Baca  Pj Bupati PPU Resmi Buka Musrenbang di Kecamatan Waru

Kegiatan peluncuran dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten PPU, UPT Puskesmas di lingkungan Kecamatan Penajam, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta siswa sekolah dan masyarakat setempat. Serangkaian acara pembersihan di beberapa titik strategis Kelurahan Pantai Lango menjadi simbol komitmen bersama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Zainal Arifin mengharapkan gerakan ini akan berkembang menjadi kegiatan rutin yang dapat memotivasi lebih banyak warga untuk berpartisipasi. “Mari kita semua bersinergi untuk mewujudkan PPU yang bersih, sehat, dan berkelanjutan,” tutupnya dengan antusias. (Roro)

Baca  DPRD PPU Apresiasi Inovasi dan Dedikasi Pj Bupati Makmur Marbun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker