NasionalTokoh

Profil Sugiono Prajurit Kopassus Kepercayaan Prabowo Jadi Menteri Luar Negeri

Presiden Prabowo Subianto secara resmi menunjuk Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri untuk periode 2024-2029. (Foto: Dok Sugiono)

Editorialkaltim.com – Presiden Prabowo Subianto secara resmi menunjuk Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri untuk periode 2024-2029. Pelantikan tersebut dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10/2024).

Sugiono, seorang politikus Gerindra yang lahir di Takengon, Aceh, pada 11 Februari 1979, adalah lulusan SMA Taruna Nusantara tahun 1997. Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) dan juga Wakil Ketua Komisi I DPR RI.

Di usianya yang kini menginjak 45 tahun, Sugiono telah menempuh perjalanan panjang dalam pendidikan dan karier.

Baca  Profil Fadli Zon, Kolektor 1.000 Keris Jadi Menteri Kebudayaan Prabowo-Gibran

Ia menghabiskan masa kecilnya di Aceh dan menyelesaikan pendidikan dasar di SDN 1 Takengon (1985-1991) dan SMPN 3 Banda Aceh (1991-1994). Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan menengahnya di SMA Taruna Nusantara, Magelang, dari 1994 hingga 1997.

Berbekal cita-cita menjadi prajurit, Sugiono mendaftar sebagai calon taruna AKABRI. Saat itu, di bawah program Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Prabowo Subianto, alumni SMA Taruna Nusantara diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi militer di Amerika Serikat melalui beasiswa.

Baca  Massa Geruduk Kemenkominfo Tuntut Menteri Budi Arie Mundur dari Jabatannya

Sugiono berhasil lolos seleksi dan diterima di Norwich University, universitas militer tertua di Amerika Serikat.

Selama pendidikannya di Norwich University, Sugiono meraih gelar sarjana di bidang teknik komputer dan sempat tinggal serta bekerja di Rhode Island sebelum kembali ke Indonesia.

Setibanya di tanah air, ia melanjutkan pendidikan calon perwira TNI di Akademi Militer Magelang dan lulus pada tahun 2002 dengan pangkat Letnan Dua dari korps Infanteri.

Selama karier militernya, Sugiono pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi Prabowo Subianto sebelum pembentukan Partai Gerindra. Kedekatannya dengan Prabowo mengantarkannya terjun ke dunia politik, di mana ia menjadi salah satu anggota Dewan Pendiri Partai Gerindra pada tahun 2008.

Baca  PAN: Susunan Kabinet Prabowo Belum Pasti, Tunggu Hasil Revisi UU Kementerian

Saat ini, Sugiono menjabat sebagai Wakil Ketua Umum dan Harian DPP Gerindra untuk periode 2020-2025, serta Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI pada 2021-2024.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button