KaltimPaser

Lomba IT Matematika Siswa di Paser Pecahkan Rekor Partisipasi, 219 Siswa Unjuk Gigi

Lomba IT Matematika Siswa (LIMAS) untuk tingkat SMP yang berlangsung di Kabupaten Paser pada tanggal 15-16 Oktober 2024 (Foto: Media Pemkab Paser)

Editorialkaltim.com – Lomba IT Matematika Siswa (LIMAS) untuk tingkat SMP yang berlangsung di Kabupaten Paser pada tanggal 15-16 Oktober 2024, mencatatkan kenaikan jumlah peserta.

Kompetisi ini diikuti oleh 219 pelajar dari 50 sekolah yang tersebar di seluruh kecamatan Kabupaten Paser dan berhasil menobatkan pemenang dalam kategori individu serta kelompok.

Dalam kompetisi ini, para peserta mengembangkan alat peraga matematika dengan dukungan teknologi seperti aplikasi Geogebra Classic, dan menyajikan hasil karya mereka di hadapan panel juri yang terdiri dari pengawas SMP, guru dari Man IC, dan pengawas SMA yang juga berperan sebagai fasilitator dari BGP Kaltim.

Septiyan Achmad Adrianto, Ketua MGMP Matematika SMP di Kabupaten Paser, menyampaikan kegembiraannya atas tingginya partisipasi dan antusiasme siswa.

Baca  Pemprov Kaltim Kampanyekan Penurunan Stunting Lewat Turnamen Voli Tingkat SMA

“Penambahan jumlah peserta dari tahun sebelumnya menunjukkan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang menantang sekaligus mengasyikkan, yang banyak disukai siswa,” ungkap Septiyan.

Septiyan juga mengungkapkan harapannya agar lomba ini dapat menjadi stimulus bagi siswa untuk lebih berinovasi dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan mereka dalam kehidupan nyata.

“Kami berharap ke depannya dapat meningkatkan kecintaan terhadap matematika di kalangan pelajar, dengan tujuan membentuk generasi emas di Kabupaten Paser,” ujar Septiyan.

Dari pihak pemerintah, Jauhari, Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Paser, menyatakan aspirasi agar lomba ini dapat berkembang menjadi lebih dari sekedar kegiatan tahunan.

Baca  Bupati Paser Tinjau Proyek Jembatan di Long Ikis dan Longkali, Progres Capai 50%

“Kami berambisi agar lomba ini tidak hanya diakui di lingkup lokal, tapi juga menjadi ajang bergengsi yang berkontribusi pada level yang lebih tinggi, baik provinsi, nasional, maupun internasional,” tutur Jauhari.

Jauhari juga menambahkan bahwa kerja sama antara Disdikbud Paser dengan MGMP diarahkan untuk merealisasikan empat pilar pendidikan yang meliputi peningkatan kualitas guru, infrastruktur pendidikan, kualitas peserta didik, dan pengembangan kebudayaan serta bahasa daerah.

Berikut adalah daftar pemenang Lomba IT Matematika Siswa di Kabupaten Paser:

Kategori Individu:

  • Juara 1: MTSN 1 Paser
  • Juara 2: SMP Negeri 1 Tanah Grogot
  • Juara 3: MTSN 1 Paser
  • Juara Harapan 1: MTSN 1 Paser
  • Juara Harapan 2: SMP Negeri 1 Batu Sopang
  • Juara Harapan 3: SMP IT AL Khawarizmi Tanah Grogot
Baca  Sosialisasi Kemitraan Usaha Besar-UMKM, DPMPTSP Kaltim Ajak Pelaku Usaha Naik Kelas

Kategori Kelompok:

  • Juara 1: SMP Negeri 1 Long Kali
  • Juara 2: MTS Negeri 1 Paser
  • Juara 3: SMP Negeri 5 Tanah Grogot
  • Juara Harapan 1: SMP IT AL Khawarizmi Tanah Grogot
  • Juara Harapan 2: SMP Negeri 1 Tanah Grogot B
  • Juara Harapan 3: SMP Negeri 1 Tanah Grogot A

(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button