Penajam Paser Utara

DPRD PPU Bentuk Enam Fraksi Pasca Pelantikan

Ketua Sementara DPRD PPU, Raup Muin (Foto: Nelly)

Editorialkaltim.com – Usai pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU) untuk periode 2024–2029, sebuah rapat penting telah dilaksanakan untuk menentukan pembentukan fraksi-fraksi dan unsur pimpinan yang akan memimpin DPRD kedepannya. Rapat ini, yang berlangsung di gedung DPRD PPU, menjadi tonggak penting dalam organisasi kelembagaan dewan.

Ketua Sementara DPRD PPU, Raup Muin, menginformasikan bahwa rapat yang dilaksanakan dua kali itu menghasilkan pembentukan enam fraksi. “Kami telah membentuk enam fraksi yang terdiri dari gabungan beberapa partai politik,” kata Raup Muin, mengungkapkan hasil rapat tersebut.

Baca  Peningkatan Akurasi Daftar Pemilih, Disdukcapil PPU Percepat Validasi Data Akta Kematian

Selain pembentukan fraksi, rapat juga memutuskan pembentukan beberapa perangkat dewan yang penting. Menurut Raup Muin, hal ini termasuk pembentukan tim kerja kode etik dan badan kehormatan. “Kami akan menyusun tata tertib dan kode etik DPRD yang akan menjadi acuan dalam menjalankan tugas ke depan,” tambahnya.

Enam fraksi yang telah terbentuk meliputi fraksi Gerindra, Demokrat, PDIP, PKS, serta gabungan antara Golkar dan PKB, dan gabungan antara Nasdem, Gelora, Hanura, dan PBB. Setiap fraksi diharapkan dapat mewakili kepentingan konstituen mereka dengan efektif dalam lembaga legislatif.

Baca  Bupati PPU Optimis Raih Piala Adipura 2023

Mengenai kepemimpinan dan struktur lebih lanjut, Raup Muin mengatakan bahwa setiap partai akan mengajukan nama-nama untuk dijadikan pimpinan. “Unsur pimpinan akan terdiri dari anggota dari Partai Gerindra, Demokrat, dan Golkar,” ucapnya, seraya menambahkan bahwa keputusan lebih lanjut mengenai wakil ketua akan diumumkan setelah menerima surat keputusan dari masing-masing partai politik.

Baca  Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kabupaten PPU Berlangsung Lancar

Dengan formasi baru ini, DPRD PPU diharapkan akan lebih efektif dalam menjalankan fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran yang menjadi kunci dalam tata kelola pemerintahan yang baik di Kabupaten Penajam Paser Utara. (Roro)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button