IKNKaltimNasionalOlahraga

Kontingen IKN Dapat Izin KONI Kaltim untuk Pinjam Pakai Atlet ke PON XXI 2024

Kontingen IKN Nusantara (Foto: Humas IKN)

Editorialkaltim.com – Kontingen Nusantara secara resmi mulai diberangkatkan ke Aceh dan Medan-Sumatera Utara (Sumut) untuk berpartisipasi dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI-2024. Rombongan atlet dan pelatih ini berangkat melalui berbagai titik sesuai lokasi Training Center (TC) masing-masing cabang olahraga (cabor).

Ketua Kontingen Nusantara, Alimuddin, yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), menyatakan pihaknya mendapatkan kesempatan istimewa dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk tampil di event ini.

Baca  KPID Kaltim Canangkan Peningkatan Kinerja Pengawasan Siaran Televisi di 2023

“Syukur Alhamdulillah, atlet kita mendapatkan privilege dari KONI untuk berpartisipasi di PON Aceh-Sumut, meskipun kita tidak ikut bertanding seperti biasa,” ujar Alimuddin.

Dalam event kali ini, Kontingen Nusantara dihadirkan sebagai tamu kehormatan dan akan berpartisipasi dalam beberapa cabor.

Namun, perolehan medali yang mereka dapatkan tidak akan dihitung.

“Saya pastikan atlet kita akan bertanding maksimal, tapi perolehan medali tetap tidak akan dihitung,” tambah Alimuddin.

Baca  Perbaiki Jalan Menuju IKN, Pemerintah Gelontorkan Dana Rp 110,2 Miliar

Alimuddin menekankan bahwa keikutsertaan Kontingen Nusantara lebih difokuskan untuk sosialisasi mengenai Ibu Kota Nusantara kepada 38 provinsi lain di Indonesia.

“Ini adalah kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan bahwa IKN tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tapi juga pada percepatan pembangunan nonfisik, termasuk olahraga,” tegasnya.

Atlet yang tergabung dalam kontingen ini adalah putra putri daerah dari berbagai wilayah di Kalimantan Timur yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan di Makassar, Jakarta, Surabaya, dan Berau. Mereka mendapat izin khusus dari KONI Kalimantan Timur untuk menggunakan status ‘pinjam pakai’ demi meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang olahraga.

Baca  Balikpapan Jadi Tuan Rumah World Walking Day dan Tafisa Asean Forum 2024

Kontingen Nusantara yang terdiri dari lebih dari 60 orang, meliputi atlet, pelatih, dan tim official, akan berkompetisi di cabang Senam, Layar, Panahan, dan Renang. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button