Kaltim

Presiden Jokowi Akan Resmikan MTQ Nasional ke-30 di Samarinda

Venue pembukaan MTQ Ke-30 Samarinda (Foto: Editorialkaltim/Adryan)

Editorialkaltim.com – Presiden Joko Widodo, dijadwalkan akan membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-30 pada Minggu (8/9/2024) . Upacara pembukaan ini akan berlangsung di Gelora Kadrie Oening, Samarinda, Kalimantan Timur.

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Plt. Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, bersama dengan sejumlah pejabat pemerintah lainnya. Kegiatan ini telah diawali dengan serangkaian acara yang melibatkan peserta dan kafilah, termasuk pawai taaruf yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Baca  Limbah Tambang Ganggu Kenyamanan Warga Sekitar, Dewan Samarinda Minta Perusahaan Patuhi Kaidah Lingkungan

Dalam rangkaian MTQ yang akan berlangsung hingga 16 September 2024 ini, Menteri Agama akan mengukuhkan Dewan Pengawas, Dewan Hakim, dan Panitera MTQ pada sore nanti.

Sebagai bagian dari upaya modernisasi, Kementerian Agama telah menerapkan beberapa inovasi digital, termasuk sistem pendaftaran e-MTQ, e-Maqra untuk pembacaan Al-Qur’an, serta e-Scoring untuk penilaian.

Tahun ini, MTQ mempertandingkan berbagai cabang lomba, seperti Tilawah, Qiraah, Hafalan, Tafsir, Fahmil, Syarhil, Kaligrafi, serta Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an. Kegiatan ini tidak hanya sebatas lomba, tetapi juga menyelenggarakan Pameran MTQ, Pameran Kaligrafi Internasional, dan seminar tentang Al-Qur’an yang akan diadakan di Convention Hall Samarinda.(ndi)

Baca  OIC-CA 2023 Resmi Ditutup, Generasi Muda Diharapkan Siap Menuju Indonesia Emas 2045

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button