Nasional

Innalillahi, Ekonom UI Faisal Basri Meninggal Dunia di Usia 65 Tahun

Ekonom Senior UI Faisal Basri (Foto: Katadata/Muhammad Zaenuddin)

Editorialkaltim.com – Kabar duka datang dari dunia ekonomi Indonesia. Faisal Basri, seorang tokoh ekonomi terkemuka dan pengajar di Universitas Indonesia, menghembuskan nafas terakhir pada Kamis dini hari (5/9/2024), di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta.

Menurut informasi yang disampaikan oleh rekannya di INDEF, Tauhid Ahmad, Faisal Basri tutup usia pada pukul 03.50 WIB.

“Ya benar,” konfirmasi Tauhid dilansir detik.com hari ini.

Menyusul kepergiannya, jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka yang berlokasi di Komplek Gudang Peluru, Jakarta Selatan.

Baca  Prediksi Bawaslu: Puncak Penyebaran Hoaks Pemilu di Medsos Terjadi Februari 2024

Rencananya, prosesi pemakaman akan dilaksanakan di area yang sama, tepatnya di mesjid Az Zahra, dan dijadwalkan setelah waktu shalat Ashar.

Faisal Basri dikenal luas sebagai sosok akademisi dan politikus yang berkontribusi dalam banyak bidang, terutama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia.

Berasal dari keluarga yang juga memiliki latar belakang politiksebagai keponakan dari Adam Malik, Wakil Presiden RI yang terkenal Basri telah menunjukkan dedikasinya di dunia pendidikan dan ekonomi sejak lulus sebagai sarjana pada tahun 1985 dari universitas yang sama.

Baca  KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih pada 24 April 2024

Karir akademisnya sangat luas, mengajar berbagai mata kuliah seperti Ekonomi Politik, Ekonomi Internasional, hingga Sejarah Pemikiran Ekonomi.

Basri juga terlibat dalam pengajaran di program pascasarjana, mencakup program Magister Akuntansi, Manajemen, serta Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan.

Selain itu, Faisal Basri pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan FEB UI, serta memimpin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Jakarta. Dia juga adalah pendiri dari Institute for Development of Economics & Finance (INDEF), sebuah lembaga yang sangat berpengaruh dalam studi ekonomi dan kebijakan di Indonesia.(ndi)

Baca  Pemerintah Bakal Beri Cuti Ayah Sampai 60 Hari untuk ASN Jika Istri Melahirkan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button