Nasional

Guru Belum Tersertifikasi 1,6 Juta! DPR Desak Kemendikbudristek Gerak Cepat

Ilustrasi guru mengajar (Foto: Istock)

Editorialkaltim.com – Dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang berlangsung di Ruang Rapat Komisi X DPR RI, Kamis (29/8/2024), Muhammad Purnamasidi mengungkapkan pentingnya prioritas sertifikasi untuk 1,6 juta guru di Indonesia yang belum tersertifikasi.

“Karena sekarang kita sudah mengangkat orang tapi belum tersertifikasi,” kata Purnamasidi.

Lebih lanjut, anggota DPR RI dari Fraksi Golkar ini menekankan Kemendikbudristek telah memiliki anggaran khusus untuk Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang seharusnya bisa segera dilaksanakan.

Baca  Indonesia Juara Umum Para Catur Asian Para Games Hangzhou 2023, Bawa Pulang 10 Emas

“Kalau kita punya anggaran itu harusnya dilaksanakan, ada konsekuensi bahwa kita harus membayar dari sertifikasi itu bisa kita lakukan,”ucapnya.

Hal ini, menurutnya, sangat penting untuk meningkatkan kompetensi para guru yang akan sangat berpengaruh pada kualitas pendidikan.

Kemendikbudristek sendiri pada tahun ini telah menerbitkan Peraturan Mendikbud Nomor 12 Tahun 2024 yang mengatur tentang penerapan Kurikulum Merdeka.

Baca  Komisi X DPR Minta Tendik Segera Diangkat PPPK, Abdul Fikri: Operator Sekolah itu Penting!

“Bagi saya ini juga harus diimbangin dengan komitmen kita untuk meningkatkan kompetensi dari para pendidik kita,” tegasnya.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kemendikbudristek untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen.

Baca  Luhut Beberkan Jurus Jitu Pemerintah Agar Harga Tiket Pesawat Turun

Dalam kaitannya dengan anggaran, calon mahasiswa yang lulus seleksi dan ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Calon Guru (Prajabatan) akan memperoleh beasiswa berupa biaya pendidikan sebesar Rp 17.000.000,00 untuk mengikuti perkuliahan selama dua semester atau satu tahun. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button