Penajam Paser Utara

DP3AP2KB PPU Gelar Koordinasi dan Sinkronisasi Lintas Sektor dalam Pengembangan Lembaga Penyedia Layanan AMPK

DP3AP2KB PPU menggelar kegiatan koordinasi dan sinkronisasi lintas sektor di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (istimewa)

Editorialkaltim.com – Dalam upaya memperkuat perlindungan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) PPU menggelar kegiatan koordinasi dan sinkronisasi lintas sektor di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana pada Rabu (28/8/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antar lembaga dalam mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Sekretaris DP3AP2KB PPU, Nurbayah, menekankan bahwa jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah tersebut telah menunjukkan tren peningkatan, dengan 40 kasus di tahun 2022, 45 kasus di tahun 2023, dan 32 kasus dari Januari hingga Juli 2024. “Kita melihat peningkatan yang signifikan dalam jumlah kasus yang dilaporkan, dan ini menunjukkan bahwa masih banyak kasus yang mungkin tidak terdeteksi,” ujar Nurbayah.

Baca  Sudirman Sebut Pentingnya Perda RTRW dalam Menata Wilayah PPU

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai stakeholder termasuk Kepala Kantor Kementerian Agama Muhammad Syahrir, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para kapolsek wilayah PPU, fasilitator Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), perangkat daerah, serta lurah dan kepala desa terkait.

Menurut Nurbayah, pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak pada akhir tahun 2023 telah membantu dalam deteksi dan penanganan kasus secara lebih cepat. “Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah fenomena gunung es yang perlu penanganan serius dan cepat,” tambahnya.

Baca  Pemkab PPU Bersama BPS PPU Gelar FGD Daerah dalam Angka Tahun 2024

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan koordinasi lintas sektor yang pertama kali diselenggarakan pada 24 April 2024, menunjukkan komitmen Pemkab PPU untuk terus berupaya mengeliminasi kekerasan terhadap perempuan dan anak melalui kerjasama yang lebih erat antara pemerintah dan lembaga terkait. (Roro/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button