Nasional

Lindungi Keamanan Digital Nasional, Wapres Minta Ciptakan Vaksin Serangan Siber

Wakil Presiden Ma’ruf Amin (Foto: Setwapres)

Editorialkaltim.com – Dalam menghadapi meningkatnya serangan siber terhadap data nasional dan pribadi, keamanan siber ditekankan sebagai pilar utama pengembangan ekonomi digital nasional. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyoroti pentingnya respons cepat dan inovasi dalam perlindungan siber saat berbicara di Seminar Peserta Didik Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (SESPIMTI) Polri Pendidikan Reguler (DIKREG) ke-33 Tahun 2024, yang diselenggarakan secara virtual pada Kamis (08/08/2024).

Baca  Jokowi Tunjuk Marsdya Tonny Harjono sebagai KSAU, Gantikan Marsekal Fadjar

Dalam pidatonya, Wapres mengajak untuk menghapus sekat birokrasi yang kaku dan mengambil langkah inovatif.

“Upayakan langkah-langkah inovatif dan komprehensif yang dapat menjadi ‘vaksin’ bagi semua serangan siber,” kata Ma’ruf Amin.

Ia juga menekankan bahwa kerja keras ini harus dilakukan dalam kerangka NKRI yang lebih luas.

Menurut Wapres, Polri perlu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di bidang siber untuk lebih responsif terhadap aduan masyarakat.

Baca  Kaspersky Ungkap 11.969 File Berbahaya Incar UMKM Indonesia

“Latih personil Polri dari tingkat Mabes sampai ke tingkat Polsek dengan melibatkan unsur-unsur terkait,” ujar Wapres.

Selain itu, Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan pentingnya mendengarkan dan menanggapi saran serta kritik dari masyarakat.

“Aspirasi masyarakat merupakan dorongan untuk memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban yang lebih baik lagi di masa mendatang,” ungkapnya.

Pada penutupan seminar, Wapres berharap acara ini mampu merumuskan terobosan pemikiran yang efektif untuk diterapkan dalam meningkatkan keamanan siber di Indonesia.

Baca  Wapres Ma'ruf Amin Terpilih Jadi Ketua Dewan Syuro PKB 2024-2029

“Semoga seminar ini menghasilkan rekomendasi kebijakan dan langkah-langkah strategis dalam penanganan kejahatan siber,” tutupnya. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button