Nasional

Luhut Ingatkan Menteri Kabinet Jangan Berkhianat di Akhir Era Pemerintahan Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Dok Kemenko Marves)

Editorialkaltim.com – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menekankan pentingnya menjaga kredibilitas Presiden Joko Widodo di hadapan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam sambutannya pada peresmian pabrik bahan Anoda Baterai Litium di Kendal, Jawa Tengah, Luhut mengingatkan para menteri agar tidak mengkhianati kebijakan yang telah dicanangkan Presiden, khususnya mengenai larangan ekspor bijih nikel yang telah berlaku sejak awal tahun 2020.

“Semua pembantu Presiden harus saling mendukung dan mengingatkan untuk tidak mengkhianati kebijakan yang telah ditetapkan oleh Bapak Presiden,” tegas Luhut dalam acara yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu (7/8/2024).

Baca  Penggerebekan Situs Judi Online di Tangerang, Omzet Capai Rp10 Miliar dalam 4 Bulan

Menurut Luhut, kebijakan berani yang telah diambil oleh Jokowi tidak hanya akan menjadi warisan, tetapi juga menjadi fondasi bagi bangsa Indonesia dalam mendorong industrialisasi dan hilirisasi di dalam negeri. Luhut menambahkan kebijakan tersebut telah meningkatkan martabat Indonesia di mata dunia.

“Kebijakan ini telah membuat tidak ada yang bisa meremehkan Indonesia lagi. Kita adalah negara besar yang memiliki karakter kuat dan otonomi dalam mengambil keputusan,” jelas Luhut.

Baca  Reshuffle Kabinet Jelang Akhir Masa Jabatan, PDIP Curigai Ada Unsur Politis

Luhut juga menyinggung tentang dampak positif dari kebijakan larangan ekspor nikel. Ia mengungkapkan, sebelum larangan tersebut, nilai ekspor bijih nikel Indonesia hanya mencapai sekitar US$1,5 miliar.

Namun, setelah diterapkan, nilai ekspor dari produk olahan nikel melonjak drastis menjadi lebih dari US$30 miliar.

“Kini kita bisa melihat hasil nyata dari kebijakan tersebut. Kita menjadi lebih dihormati, teknologi kita berkembang, dan nilai ekspor kita meningkat secara signifikan,” ungkap Luhut.

Baca  China Punya 15.906 Proyek di Indonesia, Menko Luhut Langsung Ajak Dukung IKN

Luhut yakin bahwa keberanian Jokowi dalam menentukan kebijakan ini adalah warisan yang akan terus dikenang sebagai fondasi bagi Indonesia menjadi negara industrial yang mandiri dan tidak hanya bergantung pada ekspor bahan mentah.

“Presiden telah meninggalkan warisan yang sangat berharga, yang saya yakin akan sulit untuk disamai oleh orang lain di masa depan,” pungkas Luhut. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button