IKNNasional

Menteri PUPR Basuki Pastikan Air Minum IKN Bisa Langsung Diminum

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (Foto: Setkab)

Editorialkaltim.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan jaminan kualitas air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang telah mengalir langsung dapat diminum.

Hal ini disampaikan langsung oleh Basuki saat mengikuti tes pengaliran air ketiga dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku ke reservoir induk IKN yang berlokasi di titik tertinggi kota.

“Air yang kita hasilkan di IKN ini adalah air minum, bukan sekedar air bersih. Air keran di apartemen dan rumah-rumah di IKN sudah bisa langsung diminum,” ujar Basuki dalam keterangan tertulis pada Selasa (23/7/2024).

Baca  Dugaan Penggelembungan Suara PSI, Bawaslu: Tidak Terbukti

Tes yang dilakukan sejak Sabtu (20/7/2024) hingga Senin (22/7/2024) ini merupakan bagian dari serangkaian uji kelayakan yang diadakan pemerintah.

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan tes pengaliran air ini sangat krusial untuk menjamin operasional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku yang akan melayani kebutuhan hidrasi warga IKN.

“Kami tak hanya melakukan running test, tetapi juga pengurasan sistem dan pengecekan kualitas air secara berkala untuk memastikan air minum yang disalurkan memenuhi standar kesehatan yang ada,” tambahnya.

Baca  Presiden Jokowi Targetkan Ekonomi Indonesia 2025 Tumbuh 5,6 Persen

Rencananya, pada Juli mendatang, SPAM Sepaku diharapkan sudah beroperasi penuh untuk menyediakan air bagi kantor-kantor pemerintahan, hunian, dan fasilitas umum di IKN. SPAM Sepaku yang dibangun memiliki kapasitas IPA 300 liter per detik dan dilengkapi dengan pipa transmisi sepanjang 16 km, reservoir, serta jaringan pipa distribusi sepanjang 22 km.

Fasilitas ini diharapkan dapat mendukung berbagai kebutuhan dari berbagai entitas penting di IKN, termasuk Kantor dan Istana Presiden, kompleks Kemenko, dan fasilitas umum lain seperti hotel, sekolah, serta rumah sakit. (ndi)

Baca  China Punya 15.906 Proyek di Indonesia, Menko Luhut Langsung Ajak Dukung IKN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button