Kukar

Harkitnas di Kukar, Momen Kebangkitan dan Refleksi Sejarah Nasional

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024, Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, bertindak
sebagai Inspektur Upacara (istimewa)

Editorialkaltim.com – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024, Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, bertindak sebagai Inspektur Upacara di Halaman Kantor Bupati setempat, Senin (20/5/2024) pagi. Bupati menyampaikan pesan penting dalam sambutan yang dibacakan atas nama Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, mengenai pentingnya peristiwa 20 Mei 1908, yang menandai lahirnya Boedi Oetomo sebagai pencetus gerakan kebangkitan nasional.

Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan bahwa Boedi Oetomo, sebagai embrio awal pergerakan nasional, telah membangkitkan kesadaran masyarakat Hindia Belanda tentang pentingnya pendidikan dan perluasan keanggotaan sosial yang inklusif, yang melahirkan pemikiran-pemikiran progresif terkait nasionalisme dan pendidikan. “Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, termasuk pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan,” ujar Bupati.

Baca  Senam Bersama Bupati Kukar Meriahkan Peringatan Hardiknas

Bupati juga mengungkapkan pengaruh signifikan Raden Ajeng Kartini, yang melalui tulisan-tulisannya, telah meletakkan dasar bagi gagasan kemerdekaan dan kesetaraan yang menjadi penting dalam pergerakan kebangkitan nasional. “Sebelum Boedi Oetomo, adalah Kartini, perempuan dari kota kecil Jepara, yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia,” tambahnya.

Baca  Kukar Kirim Delegasi Terbanyak untuk Kafilah Kaltim di STQH XXVII Nasional

Sementara itu, Bupati juga menekankan bahwa semangat kebangkitan nasional harus terus dijadikan inspirasi untuk memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia di era modern. “Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru. Semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia,” tegas Bupati.

Upacara Harkitnas di Kukar dihadiri oleh berbagai unsur pemerintahan daerah termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah, staf ahli, para asisten, kepala organisasi perangkat daerah, dan diikuti oleh barisan Aparatur Sipil Negara, TNI, POLRI, Satpol PP, serta Damkar Kukar, yang semuanya menyatukan tekad untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu bangsa. (roro/adv)

Baca  Kukar Terima Penghargaan Juara I Pengendalian Inflasi dari Presiden

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button