Nasional

Golkar Tak Khawatir Jatah Menteri Berkurang Usai NasDem dan PKB Bakal Gabung Prabowo

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia (Foto: DPR RI)

Editorialkaltim.com – Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, mengungkapkan ketenangannya terhadap kemungkinan pengurangan jatah kursi menteri bagi partainya dalam kabinet Presiden terpilih, Prabowo Subianto, menyusul kedekatan Partai NasDem dan PKB.

Doli memahami langkah Prabowo yang melakukan kunjungan ke berbagai partai di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan menegaskan bahwa Golkar mendukung penuh ide Prabowo tentang persatuan nasional.

“Mengenai susunan kabinet, itu adalah hak prerogatif Pak Prabowo. Saya percaya beliau sudah memiliki perencanaan yang matang tentang siapa saja dan dari mana mereka berasal,” ucap Doli di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (25/4/2024).

Baca  Kemendagri Ungkap 400 Ribu ASN Masuk Kategori Miskin, Berhak Terima Zakat

Menurut Doli, komposisi kabinet belum final dan peralihan kekuasaan masih memerlukan waktu beberapa bulan lagi.

Namun, ia optimis Prabowo akan mempertimbangkan masukan dari ketua-ketua umum partai yang tergabung dalam KIM, termasuk mengenai opsi menggandeng partai lain untuk bergabung dalam pemerintahan.

“Jika ada partai lain yang terlibat, saya yakin sudah ada pemahaman bersama antara Pak Prabowo dengan ketua-ketua umum dari Golkar, PAN, Demokrat, dan lain-lain yang merupakan bagian dari KIM,” tambah Doli.

Baca  MK Tolak Seluruh Gugatan Kubu Ganjar-Mahfud dalam Sengketa Pilpres 2024

Belakangan ini, Partai NasDem dan PKB telah menyatakan dukungan mereka terhadap Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Setelah dukungan tersebut menjadi resmi, koalisi Prabowo-Gibran diperkirakan akan menguasai mayoritas kursi di Senayan.

Surya Paloh, Ketua Umum NasDem, menyampaikan dukungan partainya langsung kepada Prabowo Subianto dalam pertemuan yang berlangsung pada Kamis (25/4).

Sementara itu, PKB melalui Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, juga menyatakan dukungan serupa dalam pertemuan di kantor pusat PKB yang berlangsung pada hari Rabu (24/4). (ndi)

Baca  Hashim Klaim Makan Bergizi Gratis Akan Dorong Indonesia Puncaki Ranking Pendidikan Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button