IKNNasional

Dapat Tugas Lagi, Jokowi Bakal Tunjuk Luhut Jadi Koordinator Investasi Apple di IKN

Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Marves mendampingi Presiden Joko Widodo (Foto: BPMI Setpres)

Editorialkaltim.com – Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang, mengumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menugaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, sebagai koordinator untuk investasi Apple di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Langkah ini merupakan tindak lanjut dari dialog antara Presiden Jokowi dan CEO Apple, Tim Cook, tentang kemungkinan Apple terlibat dalam proyek Smart City di IKN.

Baca  PPI Berau Kecam BPIP soal Lepas Hijab Paskibraka Putri

Dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari Rabu (17/4/2024), Agus menyatakan kerjasama teknis terkait investasi ini akan dikoordinasikan oleh Kementerian.

“Nantinya, Pak Presiden akan menugaskan Pak Luhut untuk mengkoordinasikan hal ini,” jelas Agus.

Lebih lanjut, Agus menyoroti Indonesia sebagai pasar strategis bagi Apple, dengan data menunjukkan dari total 2,79 juta unit ponsel yang diimpor ke Indonesia, sebanyak 85% adalah produk dari Apple.

Baca  Makmur Marbun Hadiri Wisuda Sarjana dan Ahli Madya XX STT Migas Balikpapan

Ia juga menyebutkan Apple telah berinvestasi dalam pembangunan Apple Developer Academy di empat kota di Indonesia, dengan total investasi mencapai Rp1,8 triliun.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mendorong Apple untuk mempertimbangkan pembangunan fasilitas manufaktur di tanah air atau memanfaatkan komponen lokal untuk memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Mengingat Indonesia telah memproduksi 50 juta unit handphone per tahun, kami berharap Apple dapat mempertimbangkan kerjasama dengan menggunakan komponen lokal atau konsep business matching,” tutur Agus. (ndi)

Baca  Asisten I Sodikin Minta Tak Ada Warga PPU Jadi Penonton di IKN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button