Samarinda

Fuad Fakhruddin Dorong Revitalisasi RPH Samarinda 

Ketua Komisi II DPRD Samarinda, Fuad Fakhruddin. (istimewa)

Editorialkaltim.com – Ketua Komisi II DPRD Samarinda, Fuad Fakhruddin, mengungkapkan pandangannya mengenai kondisi Rumah Potong Hewan (RPH) di Samarinda. Ia menekankan pentingnya revitalisasi RPH yang tidak hanya fokus pada perbaikan bangunan, tetapi juga pada peningkatan kehigienisan dan tata cara pemotongan hewan yang baik.

Menurut Fuad, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Samarinda harus dapat mendukung pembangunan, termasuk revitalisasi RPH. “Kenaikan PAD harus dimanfaatkan untuk memperbaiki cara pemotongan dan kehigienisan di RPH, agar memenuhi standar yang baik dan halal,” ujarnya.

Baca  Pertemuan Antar DPRD Samarinda dan Kutai Timur untuk Evaluasi LKPJ

Fuad melanjutkan, saat ini terdapat kekurangan perhatian terhadap tata cara pemotongan hewan. Ia mencontohkan cara pemotongan ayam yang kadang-kadang tidak memenuhi syarat kehalalan, seperti urat yang seharusnya dipotong namun ternyata tidak terpotong.

“Kita harus memperhatikan hal ini secara serius, karena jika hewan tersebut tidak memenuhi syarat secara syar’i, maka dianggap sebagai bangkai. Dan kita yang mengkonsumsinya akan terkena dampaknya,” tegas Fuad.

Baca  Ajukan Penambahan Beasiswa, Subandi: Pendidikan Adalah Kunci

Fuad menekankan pentingnya suara bersama dalam menyuarakan perbaikan RPH. Ia berpendapat hal ini melibatkan banyak pihak dan dapat berdampak luas, termasuk kepada konsumen. “Penting untuk menjaga kehigienisan dan kehalalan produk hewan, mulai dari hal-hal kecil agar hal yang lebih besar juga terjaga,” tutup Fuad. (Adr/lin/adv).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button