Nasional

Istana Tepis Isu Jokowi Terlibat Susun Kabinet Prabowo-Gibran, Hak Prerogatif Presiden Terpilih

Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo (Foto: BPMI Setpres)

Editorialkaltim.com – Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menepis kabar yang beredar tentang keterlibatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam proses penyusunan kabinet yang akan diisi oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Ari menegaskan seluruh proses penyusunan kabinet adalah hak prerogatif dari presiden yang terpilih.

Munculnya spekulasi tentang peran Jokowi dalam pembentukan kabinet Prabowo-Gibran telah menimbulkan beragam reaksi di kalangan publik dan media. Namun, Ari Dwipayana dengan tegas menyatakan narasi tersebut tidak berdasar.

Baca  Jumlah Anggota DPA Kini Fleksibel Sesuai Keinginan Presiden

“Penyusunan kabinet mendatang sepenuhnya merupakan hak prerogatif presiden terpilih, yang akan dilantik pada tanggal 20 Oktober 2024,” ucap Ari dalam pernyataan resminya pada hari Senin (25/3/2024).

Menurut Ari, Presiden Jokowi saat ini lebih memfokuskan diri pada penyelesaian agenda dan pembangunan yang telah ditetapkan oleh Kabinet Indonesia Maju, yang masa jabatannya akan berakhir pada tanggal yang sama dengan pelantikan presiden terpilih.

Baca  Hadi Tjahjanto Resmi Dilantik sebagai Menko Polhukam, Gantikan Mahfud MD

“Presiden Jokowi fokus bekerja untuk menuntaskan agenda pemerintahan dan pembangunan sampai akhir masa jabatan pada 20 Oktober 2024,” tambah Ari.

Presiden sendiri sebelumnya telah menampik kabar tersebut, dengan menyarankan agar pertanyaan terkait kabinet baru diajukan langsung kepada Prabowo Subianto.

Saat diwawancarai di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, pada Rabu (28/2/2024), Jokowi menegaskan urusan kabinet merupakan tanggung jawab Prabowo.

Baca  Gencarkan Promosi di Dunia, Jokowi Siapkan Aturan Dana Abadi Pariwisata

“Tanyakan ke Pak Prabowo. Kok tanyakan kepada saya?” ujar Jokowi ketika ditanya oleh wartawan.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menolak memberikan komentar ketika diminta pandangannya mengenai persiapan pemerintahan baru oleh Prabowo.

“Ditanyakan ke Pak Prabowo,” ucap Jokowi (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button