Nasional
Trending

5 Pejabat Negara Terkaya di Indonesia 2022, Ada yang Hartanya Tembus Rp10 Triliun

5 Pejabat Negara Terkaya di Indonesia 2022.  Foto Ilustrasi: Pixbay

Editorialkaltim.com – Sejumlah pejabat negara telah melaporkan harta kekayaannya melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPK tahun periodik 2022.

Dasar hukum dari kewajiban menyerahkan LHKPN adalah Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih. Tujuan dari adanya LHKPN ini sebagai langkah untuk menjaga agar tidak terlibat dalam tindak praktik korupsi. 

Hingga saat ini, sejumlah pejabat sudah melaporkan harta kekayaannya. Dari laporan yang ada, sejumlah pejabat mulai dari menteri hingga kepala daerah sebagai pejabat dengan kekayaan tertinggi.

Berikut daftar 5 pejabat negara yang paling kaya berdasarkan data resmi situs LHKPN KPK

1. Sandiaga Salahuddin Uno

Foto: Dok Kemenparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memiliki total kekayaan yang dilaporkan Rp 10,99 triliun. Saat ini harta kekayannya pun sedang dalam proses verifikasi.

Baca  KPU: Usaha PPP Lolos Ambang Batas Parlemen Sulit Tercapai, MK Tolak Sebagian Besar Gugatan

Kekayaan Sandiaga tahun 2022 tersebut naik sekitar Rp 300 miliar dibanding hartanya pada 2021. Berdasarkan LHKPN 2021, Sandiaga memiliki harta Rp 10,61 triliun.

2. Aep Syaepuloh

Foto: Instagram/Aep Syaepulloh

Aep Syaepuloh merupakan Wakil Bupati Karawang, Jawa Barat yang memiliki harta kekayaan sebesar Rp 400,84 miliar. Namun, KPK belum dapat merincikan secara detail terkait aset apa saja yang dimiliki oleh Aep Syaepuloh. Status laporannya harta kekayannya masih proses verifikasi.

Kekayaan Aep Syaepuloh pada tahun periodik 2022 naik dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021, harta kekayaannya mencapai Rp 392,97 miliar.

Baca  Daya Tampung Jalur SNBT dan SMPTN Unmul 2023

3. Andrei Angouw

Foto: Instagram/Andrei Angow

Andrei Angouw merupaka Wali Kota Manado, Sulawesi Utara yang memiliki harta kekayaan pada tahun periodik 2022 mencapai Rp 287,11 miliar. Kekayaannya juga meningkat dari tahun 2021 yang sebesar Rp 275,73 miliar.

Laporan LHKPN-nya masih dalam proses verifikasi, tapi total harta kekayaannya sudah diumumkan dalam situs KPK.

4. Hadianto Rasyid

Foto: Instagram/Hadianto Rasyid

Hadianto Rasyid merupakan Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah yang memiliki harta kekayaan mencapai Rp 266,80 miliar pada tahun periodik 2022. Harta kekayaannya pun naik dari tahun 2021 yang sebesar Rp 266,71 miliar.

Mengutip situs KPK, laporan LHKPN-nya masih proses verifikasi. KPK juga belum mengunggah rincian aset Hadianto Rasyid.

Baca  KPK Usut Dugaan Korupsi di Kementerian Pertanian

5. Mohammad Ramdhan Pomanto

Foto: makassarkota.go.id

Mohammad Ramdhan Pomanto merupakan Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang memiliki harta kekayaan sebesar Rp212,3 miliar berdasarkan LHKPN untuk tahun periodik 2022.

Meskipun masih dalam proses verifikasi, harta kekayaan pejabat yang akrab disapa Danny Pomanto ini naik dari tahun lalu yang sebesar Rp204,5 miliar.

Batas waktu terakhir pelaporan LHKPN ialah pada 31 Maret 2023. Daftar harta kekayaan pejabat negara di atas masih mungkin berubah.

[NDI]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus menginstal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button