Kukar

Peningkatan Kompetensi ASN Kutai Kartanegara Melalui Government Transformation Academy

BPSDMP Kominfo Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kukar berkolaborasi untuk menyelenggarakan Government Transformation Academy (GTA). (istimewa)

Editorialkaltim.com – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kukar berkolaborasi untuk menyelenggarakan Government Transformation Academy (GTA). Pelatihan ini dirancang khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pelatihan dibuka oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kukar, Totok Heru Subroto, di ruang pertemuan Kantor Bappeda Kukar di Tenggarong, (3/3/2023).

Baca  3.134 RT di Kukar Bakal Dapat Smartphone Gratis

Pelatihan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo RI Hariyati, Kepala Balai Pengembangan SDM Penelitian Kominfo Banjarmasin Abdul Rahman Harahap, Kepala BKPSDM Kukar Rahmadi, dan Kepala Diskominfo Kukar Dafip Haryanto.

Subroto, yang membacakan sambutan Bupati Kukar, menekankan bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memerlukan transformasi digital dari ASN. “Diharapkan GTA akan meningkatkan kompetensi di bidang digital bagi ASN Kukar,” ujarnya.

Baca  Peringati Hari Santri Nasional, Bupati Kukar: Peningkatan Bantuan untuk Pesantren Akan Terus Digagas

Dengan luas wilayah Kabupaten Kukar mencapai 27.263,10 hektar dan tersebar di 20 kecamatan, aksesibilitas infrastruktur masih menjadi tantangan. Subroto berpendapat, “Penerapan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan dapat memangkas jarak dan waktu.”

Pelaksanaan GTA, lanjut Subroto, sangat berkorelasi dengan Program Gerakan Menuju 100 Smart City dan kawasan Ibu Kota Negara Baru Nusantara. “Hal ini mendorong Pemerintah Kabupaten Kukar untuk terus meningkatkan kompetensi SDM,” kata Subroto.

Baca  Desa Cantik: Inisiatif BPS Kukar Optimalisasi Data Statistik Tingkat Desa

Subroto berharap peserta GTA dapat berfokus pada materi pelatihan. “Manfaatkan setiap waktu dan kesempatan untuk menyerap ilmu dan keterampilan,” ujar Subroto, berharap GTA dapat membantu ASN Kukar dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawab mereka dengan lebih baik.

[LIN | ADV]

Related Articles

Back to top button