Kukar

Mulai 2023, Progam Kukar Idaman Bakal Akomodir Petani

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kukar, Tajudin. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Tercipta sebagai solusi masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melawan rentenir. Program Kredit Kukar Idaman (KKI) Pemkab telah membantu permodalan masyarakat pelaku UMKM sejak 2021. Dengan menyediakan pinjaman modal dan keperluan usaha tanpa bunga.

Dua tahun sejak awal diresmikan, KKI berencana menyasar petani di 2023 ini. Rencana ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) Kukar, Tajudin. Dia mengatakan, Pemkab tengah melakukan evaluasi terhadap Peraturan Bupati (Perbup) KKI.

Baca  Pemkab Kukar Target Gedung Kekraf Diresmikan Tahun Ini

“Mulai tahun ini kami ingin mengakomodir petani. Dan saat ini programnya tetap berlanjut, namun kami masih revisi regulasinya,” ucap Tajuddin beberapa waktu lalu.

Tajuddin mengatakan, dengan revisi Perbup, pihaknya juga mengajukan peningkatan pinjaman. Hingga mencapai Rp50 Juta. Dia juga memastikan pelaku UMKM tetap terakomodir. Untuk itu dia mengajak masyarakat pelaku UMKM untuk mendaftar KKI di Bankaltimtara terdekat. Dia menyebut tahun ini tidak ada kuota yang membatasi pendaftar.

Baca  Pemkab Kukar Perketat Pengawasan Distribusi Gas LPG 3 Kg

“Bawa syarat yang telah ditetapkan, ajukan dan nanti akan kami proses. Karena dengan program ini kami harapkan KKI bisa membebaskan masyarakat dari rentenir,” pungkasnya. 

[ALM | NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button