Samarinda

Komisi I DPRD Samarinda Soroti Pembangunan Dermaga Wisata di Kelurahan Masjid

Ketua Komisi I DPRD Samarinda, Joha Fajal. (istimewa)

Editorialkaltim.com – Rencana pembangunan Dermaga Wisata di Kelurahan Masjid, Kecamatan Samarinda Seberang, telah menimbulkan diskusi dan kekhawatiran di kalangan warga setempat. Ketua Komisi I DPRD Samarinda, Joha Fajal, menekankan perlunya penyuluhan komprehensif kepada masyarakat sebelum pembangunan dimulai.

Joha Fajal menyatakan, “Faktor sosial dan kehidupan masyarakat harus dipertimbangkan dengan serius. Memang sulit jika masyarakat yang sudah terbiasa di sungai baru dipindahkan ke darat.” Ia mengakui bahwa Kelurahan Masjid memiliki nilai sejarah yang penting bagi warga lokal, terutama terkait dengan kehidupan sehari-hari yang sangat tergantung pada sungai.

Baca  Gandeng Investor Luar Daerah demi Maksimalkan PAD, Novi: Fokus Kembangkan Pariwisata

Selain itu, Joha, yang pernah tinggal di kawasan tersebut selama empat tahun, memahami betul ketergantungan warga pada sungai untuk kegiatan sehari-hari. “Selain memiliki alas hak yang sah di mata hukum, mereka juga menyimpan sejarah tersendiri secara turun temurun. Sehingga hal ini lah membuat warga sekitar merasa berat untuk melepaskan lahan mereka,” ungkap Joha.

Baca  Komisi III DPRD Samarinda Lakukan Evaluasi Proyek Pembangunan Akhir Tahun

Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini juga memahami hak pemerintah untuk membangun infrastruktur. Namun, ia menekankan pentingnya komunikasi dan pemahaman yang baik dari pemerintah dalam proses ini.

“Makanya komunikasi dan pemahaman yang baik dari pemerintah sangat diperlukan dalam proses ini,” jelas Joha. “Kami perlu memastikan bahwa pendekatan yang diambil mendukung keseimbangan antara pembangunan dan kepentingan masyarakat yang terdampak,” tutupnya. (lin/adv)

Baca  Shania Rizky Amalia Sosialisasi Perlindungan Produk Lokal UMKM di Kelurahan Gunung Linggai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button