Samarinda

Jelang Ramadan, DPRD dan Pemkot Samarinda Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok di Pasar Tradisional Aman

Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Kamaruddin (kanan) saat melakukan monitoring harga dan ketersediaan bahan pokok menjelang ramadan. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Untuk memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan dan ketersediaanya menjelang lebaran 1444 H, jajaran Komisi II DPRD Samarinda yang diwakili Kamaruddin bersama Tim Gabungan Pemkot menggelar operasi pasar di Varian Niaga, Pergudangan beberapa distributor dan pasar segiri, Selasa (07/03/2023).

Pemantauan yang dipimpin Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi ini melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Satgas Pangan Polres Samarinda, Varian Niaga Samarinda, Dandim 0901, juga Kepala Perwakilan Bank Indonesia.

Baca  Temui Warga Teluk Lerong, Angkasa Harap Keputusan Pemkot Disesuaikan dengan Aturan 

Kamaruddin mengatakan, monitoring pasar tersebut dilakukan untuk memastikan ketersediaaan bahan pokok dan harga pasar agar tetap stabil. Hasil yang ditemukan dilapangan, hampir seluruh bahan pokok dan harga di pasar Samarinda masih aman dan terkendali.

“Kecuali bawang putih yang mengalami kenaikan dari Rp. 28.000,- menjadi Rp. 30.000,- dan ikan layang yang mengalami kenaikan hingga menyentuh harga Rp. 65.000,- per/kg. Namun, harga ayam dan daging masih relatif stabil,” ungkapnya.

Baca  Puji Soroti Rencana Pembangunan Sekolah Terpadu Bertaraf Internasional di Samarinda

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi mengungkapkan, dalam upaya untuk terus memantau harga bahan pokok, pihak DPRD dan Pemerintah Kota (Pemkot) akan bekerja secara optimal dengan melakukan pemantauan rutin ke sejumlah ritel, pelelangan ikan, dan peternakan ayam. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kenaikan harga pada komoditas tertentu menjelang Hari Raya Besar Idul Fitri.

““Tidak menutup kemungkinan kedepan akan ada kerjasama dengan OPD yang terkait,” terangnya.

Baca  Novi Sarankan Pemkot Gandeng Influencer Promosikan Potensi Samarinda

Selain melakukan operasi pasar, rombongan DPRD dan Pemkot Samarinda juga melakukan blusukan dan berbincang langsung dengan para pedagang dan pembeli di dalam Pasar Segiri. Melalui kegiatan ini, diharapkan ketersediaan bahan pokok dapat terus terjaga dan harga pasar dapat tetap stabil hingga perayaan Idul Fitri mendatang.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button