Samarinda

DPRD Samarinda Apresiasi Kinerja KPU, Soroti Pendataan dan Sistem Pemilu

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, Joha Fajal. (istimewa)

Editorialkaltim.com – Pemilihan umum (Pemilu) serentak yang berlangsung pada Rabu (14/2/2024) telah menarik perhatian khusus dari Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, Joha Fajal. Kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda dalam menyiapkan pelaksanaan pemilu mendapat apresiasi, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan lebih lanjut.

“Secara keseluruhan, kami memberi apresiasi dan sesuai dengan harapan kami. Namun, terdapat beberapa aspek yang masih perlu diperbaiki guna meningkatkan kelancaran proses Pemilu,” ujar Joha.

Baca  Anhar: Aturan Lalu Lintas Jembatan Mahkota 2 Masih Tanda Tanya

Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini menyoroti masalah pendataan masyarakat, yang menjadi salah satu kendala utama. Menurutnya, masih banyak warga yang tidak mencoblos di tempat pemungutan suara yang seharusnya, yang mengakibatkan ketidaksesuaian data pemilih.

“Diperlukan peningkatan dalam pendataan masyarakat. Banyak warga yang tidak mencoblos di tempat yang seharusnya. Kami berharap agar data pemilih dapat lebih akurat di masa yang akan datang,” ungkap Joha.

Baca  DPRD Samarinda Minta Sumber Air Perumahan BCL Dipindahkan

Selain itu, Joha juga mengkritik sistem pemilihan berdasarkan abjad, yang menyebabkan pemilih dari satu keluarga tersebar di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Sistem pemilihan berdasarkan abjad menyebabkan pemilih dari satu keluarga tersebar di berbagai TPS. Hal ini tidak ideal. Kami berharap agar sistem pengelompokan pemilih dapat didasarkan pada Kartu Keluarga (KK) daripada abjad,” jelasnya.

Baca  Wakil Ketua DPRD Samarinda Gelar Hala Bihalal dengan Warga Rapak Indah

Joha berharap bahwa permasalahan terkait pendataan dan sistem pemilu dapat diperbaiki pada tahap-tahap selanjutnya, terutama dalam penyusunan Peraturan Walikota (Perwali). “Ini merupakan harapan kami untuk menyelenggarakan Pemilu yang lebih baik dan efisien di masa yang akan datang,” pungkasnya. (Adr/lin/adv).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button