Kukar

Desa Saliki Manfaatkan Produksi Lidi dan Arang dari Limbah Perkebunan

Pengembangan lidi nipah di Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak. (Istimewa)

Editorialkaltim.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Saliki, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berinovasi dalam memanfaatkan limbah perkebunan agar tidak sia-sia terbuang. Upaya mereka ini bertujuan untuk memberi nilai ekonomis bagi warga. Dengan memproduksi lidi nipah dan arang.

Disampaikan Kepala Desa (Kades) Saliki, Saliansyah. Potensi ini berasal sektor perkebunan kelapa sawit. Dimana kelapa sawit ini meninggalkan lembah yang sekarang dimanfaatkan Pemdes Saliki untuk pembuatan lidi nipah yang telah berkembang menjadi produk dengan nilai jual tinggi. 

Baca  Tingkatkan Kualitas Aparatur Desa, DPMD Kukar Gelar Pelatihan Evaluasi APBDes

“Produk ini bisa diekspor sampai ke luar negeri. Dan saat ini BUMDes Saliki masih membicarakan terkait harga dengan pengepul atau perusahaan yang menampung baik itu lidi maupun arang karena, harganya masih terlalu rendah,” terang Saliansyah.

Dalam pengembangan produk ini. Saliansyah mengaku pihaknya telah mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim). Berupa alat serut yang digunakan untuk membersihkan lidi dari daun nipah. Sementara untuk arang, di Desa Saliki masih banyak pohon halaban sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku arang.

Baca  ASN Diskominfo Kukar Hadiri Workshop Pranata Humas se-Kaltim

Saliansyah harap ada kesepakatan harga antara BUMDes dan pengepul untuk produk desanya. Sehingga BUMDes dapat menambah penghasilan dari usaha lidi dan arang ini. Mengingat potensi pemasaran dan hasilnya yang sangat menjanjikan.

“Kami berharap dengan adanya produksi lidi nipah dan arang ini nanti akan meningkatkan pendapatan dari BUMDes itu sendiri. Kemudian perekonomian masyarakat akan terbantu dengan adanya usaha produksi lidi dan arang tersebut,” tutup Saliansyah. (tri/nfa/adv)

Baca  Wujudkan Swasembada Pangan, Wabup Kukar Salurkan Alsintan kepada Belasan Gapoktan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button