Kukar

Bupati Kukar Dorong Budidaya Kopi Khas Daerah

Bupati Kukar, Edi Damansyah unjuk kemampuannya menyeduh segelas kopi (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Perkembangan kopi di Indonesia terus berkembang pesat. Awalnya sebuah minuman sederhana kini menjadi sebuah budaya yang digandrungi berbagai kalangan masyarakat. Tren ini membuat banyak kedai kopi dan coffee shop menjamur di berbagai daerah. Seiring dengan populernya kopi di Indonesia, tiap daerah juga terus mendorong perkembangan pertanian biji kopi.

Salah satu daerah yang mendorong budidaya kopi adalah Kutai Kartanegara (Kukar). Potensinya yang luar biasa di desa Perangat Baru dan Perangat Selatan, Kecamatan Marangkayu menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Baca  Bupati Serahkan Hadiah Pemenang Jambore MTB Begodak Padang Huma ke-10 

Biji kopi luwak menjadi produk unggulan kelompok tani desa setempat. Bupati Kukar, Edi Damansyah mengunjungi langsung desa ini dan pastikan dirinya akan mendorong perkembangan kualitasnya.

“Pekan saya langsung kesana. Dan kami ingin ada produk kopi unggulan dan berkualitas bagi Kukar. Dan kami apresiasi kelompok tani disana karena sudah mengembangkan. Mungkin akan lebih besar lagi, sehingga nanti kita akan tetapkan tempat tersebut menjadi Kampung Kopi Luwak,” ujar Edi.

Baca  RSUD AM Parikesit Kukar Bakal Tambah Fasilitas dengan Anggaran Rp 108 Miliar

Salah satu dorongan Pemkab Kukar kenalkan kopi khas daerah lebih luas akan diupayakan melalui program Kukar Kaya Festival (K3F). Dengan kegiatan seputar perkopian yang dilakukan komunitas. Dia yakin kopi Kukar dapat dikenal lebih luas. Edi memastikan pihaknya akan mengawalnya dengan meningkatkan sumber daya manusianya dengan pelatihan barista bersertifikasi.

Baca  Asisten II Setkab Kukar Buka MTQ Ke-11 di Tenggarong

“Pokoknya nanti komunitas basisnya. Makanya saya berharap betul, kepada teman-teman yang diberi kepercayaan mengurusi komunitas dengan baik. Sehingga komunitas menjadi kekuatan tidak hanya dari sisi bidang mereka tetapi juga untuk penguatan ekonomi,” pinta Edi. 

[ELM | NON | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button