Kukar

Bantu Warga, Wagub Rendi Bantuan Serahkan 140 Ton Bibit Rumput Laut 

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, menyalurkan bantuan bibit rumput laut di Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Samboja.

Editorialkaltim.com – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin, menyalurkan bantuan bibit rumput laut sebanyak 140 ton. Bantuan ini diberikan kepada para pembudidaya rumput laut di Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Samboja.

Rendi menuturkan, budi daya rumput laut adalah industri yang sangat menjanjikan. “Banyak nelayan yang kini memilih budi daya rumput laut karena hasilnya lebih menguntungkan,” kata Rendi.

Pemkab Kukar memberikan bantuan ini sebagai bagian dari program dedikasi Kukar Idaman. Program ini mencakup bantuan untuk 25 ribu nelayan produktif hingga 2024.

Baca  Kukar Raih Opini WTP Ke-11, Ketua DPRD Beri Apresiasi

“Dalam program ini, kita menjangkau semua nelayan di Kukar,” ungkap Rendi.

Bantuan ini ditujukan untuk berbagai sektor perikanan, termasuk nelayan sungai dan laut, pembudidaya ikan tawar, dan pembudidaya keramba di Sungai Mahakam.

“Kami berfokus pada sektor perikanan sebagai penopang perekonomian baru,” jelas Rendi.

Sebagai komitmen terhadap program ini, Pemkab Kukar telah mengalokasikan dana sebesar Rp219 miliar pada 2023. Dana tersebut akan digunakan untuk menyediakan mesin kapal, body kapal, bibit udang windu, alat tangkap nelayan, perlengkapan keramba, dan lainnya.

Baca  Disnaker Kukar Selenggarakan Job Fair 2024, Upaya Turunkan Angka Pengangguran

“Tahun ini, ada 9.500 nelayan di Kukar yang mendapat bantuan,” ujar Rendi.

Samsul Bahri, Ketua Kelompok Pembudidaya Putra Harapan Baru, mengapresiasi bantuan yang diberikan. “Bantuan ini dapat meningkatkan perekonomian kami,” ujar Samsul.

“Bantuan ini kami harap dapat kami olah secara berkelanjutan. Hasil panen rumput laut sudah kami rasakan dan dapat menopang kebutuhan sehari-hari,” tutup Samsul. (lin/adv)

Baca  Gairahkan Sektor Pariwisata, Penginapan dan Fasilitas Wisata Dibangun di Desa Semayang 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button