Kaltim

DPRD Harapkan Solusi Damai Dalam Sengketa Lahan di Kaltim

Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin (Istimewa)

Editorialkaltim.com – Dalam beberapa waktu terakhir, sengketa lahan antara warga dan perusahaan di Kalimantan Timur semakin marak. Anggota DPRD Kaltim, Jahidin, menegaskan perlunya solusi damai dalam menyelesaikan konflik tersebut, meminta agar kedua pihak saling mengevaluasi tindakan yang dapat memicu konflik.

Berdasarkan laporan yang diterima Komisi I DPRD Kaltim, jumlah aduan mengenai sengketa lahan ini terus meningkat.

Baca  OIC-CA 2023 Resmi Ditutup, Generasi Muda Diharapkan Siap Menuju Indonesia Emas 2045

“Kita harapkan masyarakat dan perusahaan saling mengevaluasi. Hindari tindakan yang melanggar hukum, yang bisa memperpanjang konflik,” ungkap Jahidin.

Tak hanya itu, Jahidin juga menyoroti tanggung jawab perusahaan dalam konflik tersebut. Beberapa hak-hak masyarakat kerap tidak dipenuhi oleh perusahaan, menjadi pemicu konflik.

“Banyak kasus di mana perusahaan belum memenuhi hak masyarakat,” tambahnya.

Baca  Anhar Minta Pemkot Segera Perjelas Lokasi Relokasi Pedagang Pasar Pagi

Selain meminta masyarakat untuk berperan aktif, Jahidin juga menekankan pentingnya perusahaan menjalankan prosedur yang ada, khususnya terkait hak-hak masyarakat di atas lahan.

“Beberapa perusahaan menggarap lahan tanpa memperhatikan hak tanam dan tumbuh milik masyarakat,” pungkas Jahidin. (lin/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button