KaltimMahakam Ulu

Pemkab Mahulu Gencar Mitigasi Risiko Pengadaan, Cegah Kerugian Negara!

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Mahulu, Agustinus Teguh Santoso membuka Workshop Manajemen Mitigasi Risiko Pengadaan Barang/Jasa (Foto: Prokopim Mahulu)

Editorialkaltim.com – Workshop Manajemen Mitigasi Risiko Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara resmi dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Mahulu, Agustinus Teguh Santoso, di Hotel Mercure Samarinda pada Jumat (25/10/2024).

Acara ini diselenggarakan oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Mahulu dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelaku pengadaan di lingkungan Pemkab Mahulu.

Dalam sambutannya, yang disampaikan oleh Agustinus Teguh Santoso, Bupati Mahulu menekankan pentingnya pengelolaan risiko yang efektif dan efisien dalam proses pengadaan barang dan jasa sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

Baca  Pemprov Kaltim Diminta Perkuat Sektor Pertanian Kubar dan Mahulu

“Kami menghadapi berbagai tantangan dan risiko yang harus dikelola dengan baik agar tidak berdampak negatif dari segi administratif, hukum, dan operasional,” ucapnya.

Ia juga menyoroti beberapa isu penting yang menjadi fokus dalam workshop ini, termasuk ketidaksesuaian prosedur pengendalian kontrak, kurangnya perhatian terhadap mitigasi risiko dalam perencanaan pengadaan, serta pentingnya pemahaman mendalam tentang manajemen risiko di kalangan pelaku pengadaan.

Baca  Optimalkan Pengawasan Konstruksi, Mahulu Gelar Sosialisasi Peraturan PUPR

“Penerapan mitigasi risiko yang efektif dapat melindungi pelaku pengadaan dari potensi masalah hukum dan kerugian negara,” tambahnya.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman komprehensif tentang pentingnya mitigasi risiko dalam pengadaan barang dan jasa, sekaligus membantu meningkatkan efisiensi anggaran dan mempersiapkan peserta menghadapi potensi permasalahan yang mungkin muncul di masa depan.

Bupati mengajak semua peserta workshop untuk memahami setiap materi yang disampaikan, mengidentifikasi potensi risiko pada setiap tahap pengadaan, dan secara konsisten menerapkan mitigasi risiko dalam setiap proyek pengadaan.

Baca  Jika Menang Pilgub, Seno Aji Janji Lindungi Hak Masyarakat Adat Kaltim

“Dengan komitmen pada perbaikan berkelanjutan, kami berharap kualitas pengadaan di Kabupaten Mahulu akan terus meningkat dari waktu ke waktu,” pungkasnya.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker