KaltimSamarinda

Firdaus, Atlet Para Swimming Kaltim Borong Dua Emas

Firdaus, atlet Para Swimming Kaltim (Foto: Editorialkaltim/Adryan)

Editorialkaltim.com – Firdaus seorang atlet para swimming perwakilan Kaltim menorehkan sejarah baru di dunia olahraga renang setelah berhasil menjuarai lomba para swimming tingkat nasional. Atlet asal Balikpapan ini menunjukkan performa gemilang di kolam renang, mengharumkan nama daerah dengan menjuarai dua kategori berbeda pada Pekan Paralimpiade Nasional (Pepernas) 2024 yang diselenggarakan di Solo Jawa Tengah.

Hal itu Ia ceritakan pada setelah kegiatan jumpa pers dengan media, di Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kaltim, Jumat (25/10/2024).

Pada awalnya Ia tidak memiliki minat untuk menjadi atlet. Namun, ada seorang teman yang mengajak dirinya untuk menjadi seorang atlet. Dengan ajakan sahabat sekaligus menjadi pelatihnya mengantarkan Firdaus menjuarai kejuaraan-kejuaraan yang ada.

Baca  Pansu IV DPRD Samarinda Panggil BNN dan Dinkes, Atur Pencegahan Narkotika Lewat Raperda

Meskipun begitu Ia mengakui di awal-awal belajar dan latihan salah yang menjadi tantangan adalah faktor biaya. Ia menjelaskan selama 3 tahun, selama menjalani Latihan menggunakan biaya sendiri.

Firdaus bukan hanya seorang atlet biasa. Keterbatasan fisik yang dimilikinya tidak menghalangi tekadnya untuk terus berprestasi di cabang olahraga tersebut.

Dengan latihan keras dan disiplin yang ketat, Firdaus berhasil meraih berbagai prestasi di berbagai kejuaraan, termasuk kemenangan terbarunya di kompetisi bergengsi tersebut. Ia mengungkapkan cacat yang ia alami diakibatkan kecelakaan kendaraan.

Dalam pertandingan yang diadakan di Solo, Firdaus menunjukkan keunggulan dari awal hingga akhir lomba. Gaya renang yang terlatih, kecepatan, dan tekniknya menjadi modal utama dalam meraih medali emas. Tak hanya itu, kemenangan ini juga semakin membuktikan bahwa keterbatasan fisik bukanlah penghalang untuk meraih mimpi dan cita-cita.

Baca  Pesilat Kaltim Iqbal Candra Pratama Raih Emas Pertamanya di Sea Games Kamboja 2023

Sebelumnya pada perlombaan yang sama pada tahun sebelumnya di Papua Ia berhasil meraih medali perunggu dan perak dalam dua kategori renang dengan jarak 200 meter.

Kendati demikian, Firdaus mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya bisa membawa pulang medali untuk Kaltim.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung, terutama keluarga dan pelatih yang selalu memberikan semangat,” ujarnya.

Firdaus juga berharap prestasinya ini bisa memotivasi lebih banyak atlet muda dan penyandang disabilitas untuk meraih mimpi mereka.

Baca  Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Kaltim Turun 44,59% pada Maret 2024

Firdaus kini mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan internasional, dengan target meraih prestasi di kancah global.

Dukungan dari pemerintah daerah, masyarakat, dan para pendukung sangat diharapkan untuk membantu Firdaus dalam meniti karier yang lebih gemilang di masa mendatang.

“Mudah-mudahan di panggil di kancah internasional,” imbuhnya.

Kisah Firdaus menjadi bukti nyata dengan semangat, kerja keras, dan keyakinan, semua tantangan dapat dihadapi, dan prestasi tinggi bisa diraih.

“Intinya tetap semangat tetap latihan tidak akan juara kita tidak bisa juara,” pungkasnya. (Adr)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker