Penajam Paser Utara

PPU Galakkan Penanaman Jagung untuk Pemanfaatan Lahan Tidur

Penjabat Bupati Penajam Paser Utara, Zainal Arifin memimpin apel versama (Foto: Dokpim Setkab PPU)

Editorialkaltim.com – Penjabat Bupati Penajam Paser Utara, Zainal Arifin, mengawali kegiatan tanam jagung perdana di Desa Gunung Mulia, Kecamatan Babulu, sebagai upaya pemanfaatan lahan tidur yang belum digunakan secara optimal. Kegiatan ini melibatkan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten PPU, Kodim 0913/PPU, dan Polres PPU, yang bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Dalam acara yang dibuka melalui apel bersama, Zainal Arifin menekankan, “Kerjasama ini merupakan langkah konkret dalam memanfaatkan lahan produktif. Kita harus memastikan tidak ada lahan yang terbengkalai atau hanya menjadi lahan tidur di wilayah kita. Semua lahan harus dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat.”

Baca  Peningkatan Kemampuan Wirausaha Warga Lokal Menyambut Ibu Kota Nusantara

Program ini juga sejalan dengan instruksi dari Presiden RI, Menteri Pertanian, Kapolri, dan Panglima TNI, yang semua mendukung penuh pemanfaatan lahan untuk produksi pangan. “Ini bukan hanya tentang produksi, tapi juga memikirkan pemasaran,” ujar Zainal Arifin, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk pertanian.

Zainal Arifin juga menyampaikan bahwa Pemkab PPU telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan pemerintahan setempat untuk memetakan lahan produktif yang belum dimanfaatkan. “Kami akan menyediakan bibit secara gratis untuk seluruh kelurahan dan desa. Ini adalah bagian dari upaya kita untuk membangun sentra-sentra agrowisata yang tidak hanya akan mendukung ketahanan pangan tetapi juga sektor pariwisata di tengah perkembangan Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.

Baca  DPRD PPU Tuntut Pemanfaatan Fasilitas Publik yang Terbengkalai

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah serta mewujudkan kesejahteraan yang berkelanjutan. Hadir juga dalam acara tersebut, Kapolres PPU, perwakilan dari Kodim 0913/PPU, serta kepala desa dan lurah sekitar se-Kecamatan Babulu, yang semua mendukung program ini sebagai langkah maju bagi Kabupaten Penajam Paser Utara. (Roro)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker