Penajam Paser Utara

Pimpinan dan Anggota DPRD PPU Aktif dalam FGD Rencana Induk IPTEK 2025-2029

Kegiatan FGD Rencana Induk IPTEK 2025-2029

Editorialkaltim.com – Dalam rangka merancang masa depan yang inovatif dan berkelanjutan, Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menghadiri Fokus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Aula Lantai III Kantor Pemkab PPU pada Senin (7/10/2024). FGD ini bertema “Peran Ekosistem Riset dan Inovasi Daerah dalam Mendukung Produk Unggulan dan Isu Strategis Daerah.”

Penjabat (Pj) Bupati PPU, Muhammad Zainal Arifin, yang membuka kegiatan tersebut, menekankan pentingnya Rencana Induk Peta Jalan Pemajuan IPTEK (RIPJPID) 2025-2029 sebagai panduan utama pengembangan inovasi daerah. “RIPJPID ini bertujuan untuk memastikan bahwa inovasi dan riset di PPU mampu mendukung pembangunan ekonomi lokal serta peningkatan daya saing di era Ibu Kota Negara,” ujar Zainal.

Baca  Ketua DPRD PPU Minta Persiapan Pemekaran Desa dan Kelurahan Dipercepat Sebelum IKN Beroperasi

Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten PPU ini juga dihadiri oleh perwakilan dari berbagai lembaga, termasuk Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta peserta dari perguruan tinggi dan lembaga masyarakat yang terlibat secara virtual.

Zainal Arifin menambahkan bahwa RIPJPID akan menanggapi berbagai isu strategis, termasuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang produktif, transformasi ekonomi, dan peningkatan kualitas lingkungan. “Ini adalah kesempatan bagi kita untuk mengidentifikasi solusi inovatif yang berkelanjutan dan dapat diimplementasikan guna memperkuat ekosistem riset dan inovasi di PPU,” ujarnya.

Baca  DPRD PPU Fokus Antisipasi Perundungan di Sekolah, Adakan Sidak Rutin

Dalam penutupannya, Kepala Bapelitbang PPU, Tur Wahyu Sutrisno, berharap bahwa FGD ini akan menghasilkan rekomendasi yang konstruktif untuk pemajuan IPTEK di daerah. “Hasil dari FGD ini diharapkan menjadi panduan dalam merumuskan kebijakan strategis yang akan memajukan PPU sebagai bagian dari Serambi Nusantara yang maju, modern, dan berdaya saing,” tutup Wahyu. (Roro/adv)

Baca  Dewan Minta Desa di Sepaku Jangan Dikorbankan Karena IKN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button