KaltimSamarinda

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Pemkot Samarinda Berharap Mayarakat Jaga Persatuan

Plt. Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso (Foto: Editorialkaltim/Adryan)

Editorialkaltim.com – Plt. Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso menyampaikan pesan dan kesan dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di GOR Segiri Samarinda, Senin (1/10/2024). Bertindak sebagai pembaca Ikrar, Ia menyampaikan hari kesaktian Pancasila adalah hari yang bersejarah. Melalui peringatan tersebut Rusmadi menekankan harus tetap waspada terhadap ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Diharapkan melalui peringatan tersebut diharapkan masyarakat mengambil peran untuk menjaga kedaulatan NKRI khsusunya di kota Samarinda.

Kendati demikian pemerintah kota samarinda melalui program Probebaya dengan semangat gotong royong dapat menjangkau segenap lapisan masyarakat yang ada. Sehingga dengan terlibatnya masyarakat dalam program-program pemerintah secara tidak langsung telah menjaga persatuan dan kesatuan dalam masyarakat.

Baca  Apresiasi Peningkatan APBD-P Samarinda 2023, Helmi Abdullah: Harus Tepat Sasaran

“Probebaya itu sebetulnya adalah sebuah program agar semua masyarakat ikut ambil bagian, berpartisipasi dengan semangat gotong royong itu mampu mengantisipasi dengan prinsip no one left behind tidak ada satu org pun warga yg tak tersentuh sehingga kalau ada warga yg datang apalagi dg gerak gerik yg mencurigakan ya pastilah dg semangat kegotong Royongan kita bisa mengantisipasi,” paparya.

Selain itu, menjelang proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) khsususnya Ia menyebut keberhasilan pilkada bukan hanya terletak pada terpilihnya seorang pemimpin. Menurutnya keberhasilan demokrasi dalam Pilkada perlu melihat tingkat partisipasi masyarakat yang Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tinggi rendahnya partisipasi masyarakat ke TPS merupakan indikator demokrasi yang ada di lingkungan tersebut sehat atau tidak.

Baca  Daftar Lengkap Calon Pemimpin Kabupaten/Kota di Pilkada Kaltim 2024 Beserta Parpol Pendukung

“Misal pilkada selesai, sudah terpilih pemimpin, tapi tingkat partisipasi rendah tentu ini bukan suasana demokrasi yg kita harapkan. Demokrasi yg berkualitas itu kalau tingkat partisipasi nya tinggi. Oleh karena itu semua pihak bisa untuk mendorong agar masyarakat datang ke TPS,” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda Victor Yuan. Ia berharap Pilkada yang berlangsung di Samarinda dapat berjalan dengan baik. Selain itu Ia berharap agar masyarkat Samarinda dapat ke TPS untuk menyalurkan suaranya.

Baca  Kawasan Pinggiran Samarinda Menantikan Penerangan Jalan

Ia menekankan agar masyarkat tidak golput. Sebab yang diharapkan ialah partisipasi penuh dari masyarakat untuk menentukan pilihan pemimpin yang dapat membawa Samarinda lebih baik lagi kedepannya.

“Saya memohon kepada masyarakat kota Samarinda untuk aktif turun pada saat pemilihan Jangan sampai golput sayang suaranya dan sebaiknya memilih yang ada orangnya,” pungkasnya. (adr/ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button