KaltimKutai Barat

Dinkes Kubar Perkuat Layanan Kesehatan Lansia, Gagas Kolaborasi Lintas Sektor

Dinas Kesehatan Kutai Barat (Kubar) pada hari Jumat (20/9) mengadakan kegiatan Penguatan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia (Foto: Prokopim Kubar)

Editorialkaltim.com – Dinas Kesehatan Kutai Barat (Kubar) pada hari Jumat (20/9) mengadakan kegiatan Penguatan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia. Bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan para lansia di wilayah tersebut, acara ini melibatkan LP/LS Rumah Sakit Rujukan, LSM, dan NGO.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mewujudkan kondisi lansia yang sehat, bugar, dan produktif, sebagaimana diungkapkan oleh Barnabas, Sekretaris Dinas Kesehatan Kubar.

Baca  Bupati Kutai Barat Minta Gereja Harus Bersatu, Tinggalkan Ego Sektoral

“Upaya kesehatan lanjut usia ini mencakup aspek promotif dan preventif, serta kuratif dan rehabilitatif,” terang Barnabas dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Barnabas menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan strategi kolaboratif yang efektif dalam peningkatan layanan kesehatan bagi lansia.

“Kami berkomitmen untuk mengoptimalkan setiap sumber daya yang ada guna memastikan kesehatan dan kesejahteraan lansia,” ujarnya.

Baca  10 Kampus Swasta Terbaik di Kaltim 2023: Ada Untag, UMKT hingga Unikarta

Faustinus Syaidirahman, Asisten I Pemkab Kubar, turut menyampaikan ajakan kepada lansia untuk aktif dalam menjaga kesehatan mereka.

“Penting bagi para lansia untuk menjaga kebersihan diri, mengonsumsi gizi seimbang, melakukan aktivitas fisik secara rutin, serta memiliki kehidupan sosial yang baik,” kata Faustinus.

Indonesia telah mengambil langkah konkret dalam meningkatkan layanan kesehatan untuk lansia, yang meliputi pelayanan geriatri di rumah sakit, pelayanan kesehatan di puskesmas, pendirian home care untuk lansia yang membutuhkan, dan pos pelayanan terpadu (Posyandu) lanjut usia yang tersebar di berbagai kampung dan kelurahan.(ndi)

Baca  Demokrat Dukung Isran Noor dan Hadi Mulyadi di Pilgub Kaltim 2024

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button