KaltimPaser

Paser Sabet Penghargaan Nasional Berkat Inovasi e-STDB

Paser Sabet Penghargaan Nasional Berkat Inovasi e-STDB (Foto: Prokopim Paser)

Editorialkaltim.com – Kementerian Pertanian menggelar Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2024 di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 12-14 September. Pameran ini merupakan pelaksanaan ketiga yang mengusung tema perkebunan berkelanjutan untuk ketahanan pangan dan energi menuju Indonesia Emas 2025.

Kegiatan ini dirancang untuk memperkuat koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi di antara para pelaku industri perkebunan, sekaligus menyediakan wawasan, pengetahuan, dan informasi mengenai pencapaian dalam pembangunan perkebunan yang berkelanjutan.

Baca  Pj Gubernur Kaltim dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Bahas Pembangunan Pendidikan di Zona IKN

Selanjutnya, Bunex juga bertujuan sebagai platform yang mendukung pertumbuhan bisnis dan aktivitas usaha, serta memfasilitasi perdagangan produk-produk perkebunan yang bersaing, khususnya untuk para pelaku UMKM.

Kabupaten Paser menonjol di Bunex 2024 berkat keberhasilannya dalam pembangunan perkebunan dan inovasi penerapan Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) secara elektronik, yang mengantarkannya menerima penghargaan.

Dalam sambutannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Paser, Adi Maulana, menyatakan bahwa penghargaan tersebut adalah bukti komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Paser dalam meningkatkan dan memperjuangkan kemajuan pembangunan sektor perkebunan.

Baca  Kaltim Setujui Tiga Perda Baru, Langkah Maju dalam Tata Kelola Pemerintahan

“Terima kasih kepada Dinas Perkebunan dan Peternakan yang telah bekerja keras, berinovasi dengan aksi yang cepat menerapkan e-STDB di Kabupaten Paser sehingga kami bisa memperoleh anugerah ini dari pemerintah pusat,” ujar Adi.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Joko Bawono, yang turut hadir menyampaikan pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan penuh Bupati Paser yang menginginkan percepatan pembangunan dan memberikan kemudahan bagi para pelaku perkebunan untuk memperoleh STDB.

Baca  Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Kabupaten/Kota se-Kaltim Tahun 2023

“Hingga saat ini, sebanyak 5.290 STDB telah kami terbitkan, yang menjadikan kami dinilai sebagai yang paling cepat dan memperoleh penghargaan,” ucap Joko.(ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button