Samarinda

Peringatan Hari Kemerdekaan di IKN, Refleksi dan Harapan dari PCNU Samarinda

Editorialkaltim.com – Organisasi Nahdlatul Ulama (NU), yang terbentuk sebelum kemerdekaan Indonesia, memiliki sejarah panjang dalam perjuangan nasional. Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, NU konsisten menegaskan komitmennya terhadap NKRI dan Pancasila sebagai ideologi tunggal negara. Hari Kemerdekaan dianggap sebagai puncak perjuangan melawan penjajah serta awal dari upaya pembangunan dan pemajuan bangsa.

Wakil Ketua PCNU Samarinda, Ir. H Agus Tri Sutanto, MT memberikan dukungan penuh untuk kegiatan upacara Kenegaraan Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Keberadaan upacara kenegaraan di IKN merupakan hal yang wajar dan semestinya dapat dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, sebagaimana telah dilakukan di berbagai provinsi tanpa kehadiran presiden.

Baca  Pererat Silaturahmi, DPRD Samarinda Gelar Halalbihalal

Agus Tri Sutanto menyampaikan bahwa kebahagiaan dalam memperingati hari kemerdekaan bisa lebih merata jika presiden bisa menghadiri upacara kenegaraan di berbagai provinsi setiap tahunnya. Ini tidak hanya akan membagikan kebahagiaan, tetapi juga memperkuat kecintaan dan rasa memiliki terhadap NKRI.

“Harapan saya, dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-79 ini, kita semua warga negara NKRI dapat menanamkan rasa memiliki dan kecintaan kepada NKRI. Ini akan menjadi modal dasar bagi kita semua dalam menetapkan niat dan langkah menjaga, kemudian memikirkan dan berbuat untuk kemajuan NKRI,” ungkap Agus Tri Sutanto.

Baca  Sekda PPU Hadiri Tabligh Akbar Peringatan HUT RI ke-79 di Desa Sesulu

Dengan dilangsungkannya upacara di dua lokasi, Jakarta dan IKN, diharapkan partisipasi dan semangat nasionalisme dapat terus dipupuk di seluruh pelosok tanah air.(roro/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button