Samarinda

40 Peserta Paskibraka Kota Samarinda Masuk Pusdiklat Kesbangpol Dorong Peserta Disiplin

40 petugas paskibraka Kota Samarinda terpilih. (istimewa)

Editorialkaltim.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Samarinda resmi membuka pusat pendidikan dan latihan (pusdiklat) calon pasukan pengibar bendera pusaka Kota Samarinda untuk tahun 2024 pada Senin, (05/08/2024) di MAN 2 Samarinda. Acara pembukaan dihadiri berbagai instansi, termasuk Kepala Kesbangpol, Komandan Distrik Militer (Dandim), Komandan Pangkalan Udara (Danlanud), Kepala Bidang Kesbangpol, serta panitia Paskibraka.

Sebanyak 40 petugas Paskibraka kota Samarinda telah terpilih untuk bertugas dalam pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus 2024. Sekretaris Kesbangpol Samarinda, Miftahurrizqa, menjelaskan pembukaan Pusdiklat Paskibraka 2024 dilaksanakan setelah proses rekrutmen yang berlangsung selama Februari hingga Maret, melibatkan 400 peserta dengan delapan tahapan seleksi oleh tim dari TNI, Polri, Kesbangpol, dan Kesehatan.

Baca  Kesbangpol Samarinda Serahkan Bantuan Keuangan Pada 10 Partai Politik Samarinda

“Mereka latihan mulai dari 9 Juni sampai akhir bulan tiga kali sehari. Proses masuk asrama berlangsung dari 4 hingga 18 Agustus, dengan latihan gabungan pada 7 Agustus dan peresmian sebagai anggota Paskibraka Kota Samarinda pada 15 Agustus,” ungkap Miftahurrizqa.

Kepala Kesbangpol Samarinda, Sucipto Wasis. (istimewa)

Kepala Kesbangpol Samarinda, Sucipto Wasis, yang mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Hero Mardanus, menyampaikan dalam sambutannya tahun ini merupakan tahun perdana Paskibraka ditangani oleh Kesbangpol, yang sebelumnya dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). “Kami tetap menjalin sinergi dengan berbagai pihak untuk mensukseskan peringatan 17 Agustus mendatang,” ujar Sucipto.

Baca  Damayanti: Sarana dan Prasarana Sekolah Perlu Ditingkatkan

Dia juga menekankan pentingnya serius dalam menjalani proses latihan dan memanfaatkan kesempatan yang diberikan. Sucipto berharap pelaksanaan 17 Agustus nanti dapat berjalan lancar dan semua persiapan yang telah dilakukan oleh Kesbangpol dapat mendukung suksesnya acara tersebut. “Ini adalah upaya perdana oleh Kesbangpol untuk mengelola Paskibraka, dan kami berharap ini dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.(adr/shn)

Baca  Novi Marinda Putri: Dishub Harus Tegas Tindak Jukir Liar di Samarinda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button