Olahraga

Timnas U-19 Indonesia Juara AFF, Erick Thohir Sebut Bakat Pelapis Sangat Kuat

Timnas Indonesia U-19 berhasil menjuarai Piala AFF (Foto: PSSI)

Editorialkaltim.com – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan optimisme tinggi terhadap masa depan sepak bola nasional Indonesia. Ini terkait dengan prestasi tim nasional U-19 yang baru saja menjadi juara ASEAN 19 Boy’s Championships 2024, mengalahkan Thailand 1-0. Pertandingan final berlangsung sengit di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Senin (29/7/2024).

Erick Thohir, yang menyaksikan pertandingan secara langsung mengatakan skuad muda ini memiliki skil dan mental yang kuat.

“Sungguh membanggakan bahwa setelah 11 tahun, timnas muda kita kembali meraih juara. Ini menandakan bahwa mereka memiliki skill dan mental juara yang solid. Prestasi ini semakin melengkapi keberhasilan tim U-16 yang hampir saja menembus final di turnamen yang sama,”kata Erick Thohir.

Baca  Manchester United Tundukkan Fulham 1-0 di Laga Pembuka Premier League

Selama pertandingan final yang dipadati oleh suporter, pelatih Indra Sjafri melakukan beberapa penyesuaian strategis. Welber Jardim dimainkan sebagai starter, menggandeng Muhammad Kafiatur di lini tengah, sementara Figo Dennis awalnya duduk di bangku cadangan.

Di lini depan, Jens Raven dipercaya sebagai striker utama, dibantu oleh M Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan sebagai winger. Kombinasi ini berhasil, dengan Jens Raven mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-17 lewat sebuah sepak pojok, mengantarkan Indonesia unggul 1-0, skor yang bertahan hingga peluit akhir.

Baca  Indonesia Lawan Thailand di Final ASEAN U-19 Boys Championship 2024

Erick menambahkan, dengan komposisi timnas U19 yang didominasi para pemain dari klub-klub di Liga 1 menunjukkan bahwa Indonesia dibekali bibit-bibit muda potensial.

“Kesuksesan tim U-19 ini membuktikan bahwa bibit-bibit muda kita yang berasal dari klub-klub di Liga 1 memiliki potensi besar. Ini menjanjikan bagi masa depan tim nasional, seiring dengan semakin banyaknya pemain senior yang akan gantung sepatu. Harapan kami, ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk pembangunan sepak bola nasional dari level dasar hingga atas,” pungkasnya. (ndi)

Baca  Raih Emas Olimpiade, Ibu Veddriq Ungkap Tetap Latihan Meski Ada Kebakaran Hutan di Kalimantan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button