Olahraga

Argentina Ke Semifinal Copa Amerika Usai Singkirkan Ekuador via Adu Penalti

Argentina Ke Semifinal Copa Amerika Usai Singkirkan Ekuador via Adu Penalti (Foto: Copa America)

Editorialkaltim.com – Timnas Argentina berhasil melangkah ke babak semifinal Copa America 2024 setelah mengalahkan Ekuador melalui drama adu penalti yang berlangsung di NRG Stadium, Houston, Jumat (5/7/2024). Pertandingan ini menyuguhkan tensi yang tinggi, terutama setelah Lionel Messi gagal mengeksekusi penalti.

Pertarungan sengit sudah terlihat sejak 10 menit pertama. Ekuador, yang tampil tanpa rasa takut, berhasil membuat pertahanan Argentina kerepotan. Jeremy Sarmiento menjadi sosok yang merepotkan, dengan sebuah tembakan dari jarak dekat yang berhasil ditepis oleh Emiliano Martinez. Kendati demikian, bola rebound yang disambar Kendry Paez hanya melambung di atas mistar gawang.

Argentina akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-32 melalui kerja sama apik Alexis Mac Allister dan Lisandro Martinez. Mac Allister memulai dengan sundulan tajam menyambut sepak pojok, dan Martinez menuntaskan dengan sundulan yang tidak terjangkau oleh kiper Ekuador.

Baca  Roberto Mancini Resmi Latih Timnas Arab Saudi, Digaji Rp1,4 T

Dengan keunggulan ini, Argentina tampil lebih dominan. Namun, mereka gagal menambah keunggulan dan skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Ekuador tidak tinggal diam. Mereka berani menyerang dan terus mengancam melalui serangan-serangan cepat. Upaya mereka membuahkan hasil ketika wasit menunjuk titik penalti setelah handball yang dilakukan bek Argentina. Namun, kesempatan emas tersebut gagal dimanfaatkan oleh Enner Valencia.

Ketika pertandingan tampak akan berakhir untuk kemenangan Argentina, Kevin Rodriguez menjadi pahlawan bagi Ekuador. Pemain pengganti ini menyundul bola ke gawang Emi Martinez pada menit ke-91, membuat skor menjadi imbang 1-1.

Baca  Gregoria Mariska Tunjung Melaju ke Babak 16 Besar Olimpiade Paris 2024

Tanpa ada perpanjangan waktu, pertandingan berlanjut ke babak adu penalti. Di sinilah drama sebenarnya terjadi.

Lionel Messi mengawali adu penalti, namun gagal mencetak gol. Keberuntungan serupa menimpa Angel Mena dari Ekuador, yang juga meleset.

Julian Alvarez selanjutnya mengambil kesempatan, berhasil menggetarkan jala lawan, menunjukkan kelas sebagai pemain pilihan Messi.

Bagaimana nasib Ekuador? Eksekutor kedua mereka, Alan Minda, juga tidak berhasil mengubah peluang menjadi gol.

Alexis Mac Allister tampil sebagai algojo ketiga untuk Argentina, sukses menambah gol untuk timnya.

Baca  Belanda Singkirkan Turki 2-1 dan Berhak ke Semifinal Euro 2024

Namun, Ekuador tidak menyerah begitu saja. John Yeboah sukses memperkecil ketertinggalan dengan tendangan akuratnya ke gawang Argentina.

Tak ingin ketinggalan, Gonzalo Montiel dari Argentina membuktikan kepiawaiannya dengan mencetak gol berikutnya. Gol ini langsung dibalas oleh Jordy Caicedo, yang menjaga asa Ekuador tetap hidup dalam adu penalti membuat skor jadi 2-3. Argentina akhirnya memenangkan laga ini setelah penalti Nicolas Otamendi membawa Argentina menang adu penalti 4-2.

Kemenangan atas Ekuador itu meloloskan Argentina ke semifinal Copa Argentina 2024. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button