Kukar

Kukar Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah untuk Kendalikan Inflasi

Asisten 2 Sekretariat Daerah Kukar, Ahyani Fahdianur menggelar rapat persiapan Gerakan Pangan Murah (GPM) (istimewa)

Editorialkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya mengendalikan inflasi di wilayahnya dengan mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM). Acara ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 12 Mei 2024 di kawasan eks Tanjung, Tenggarong. Inisiatif ini dipimpin oleh Asisten 2 Sekretariat Daerah Kukar, Ahyani Fahdianur, yang menggelar rapat persiapan bersama stakeholder terkait.

Rapat yang dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sutikno, perwakilan Kodim 0906 / KKR Waskito, Polres Kukar, serta pelaku retail dan pihak swasta, bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan aksesibilitas komoditas pangan pokok dengan harga terjangkau. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sutikno mengungkapkan, “Berdasarkan evaluasi, beras dan ikan segar adalah komoditi yang paling diminati masyarakat. Kami akan koordinasi untuk meningkatkan stok barang-barang ini.”

Baca  Abdul Rasid Hadiri Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Kutai Kartanegara

Selain Gerakan Pangan Murah, rapat juga membahas tentang Kirab Latsitarda XLIV Tahun 2024, yang akan diikuti oleh Taruna Akmol dari unsur Angkatan Darat. “Kirab akan dimulai dari Kantor Bupati Kukar menuju Taman Titik Nol di seberang Museum Mulawarman, Tenggarong,” jelas Pasi Ter Waskito dari Kodim 0906.

Dalam kesempatan ini, Ahyani Fahdianur mengatakan, “Kami mengundang masyarakat untuk berpartisipasi dalam Gerakan Pangan Murah ini. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa semua lapisan masyarakat dapat mengakses pangan berkualitas dengan harga yang terjangkau.”

Baca  Anggaran Pertanian Naik, Rendi Solihin: Pemkab Bakal Modernisasi Alsintan

Bank Kaltimtara, sebagai salah satu peserta rapat, menyatakan dukungannya dengan menawarkan program Kredit Kukar Idaman yang akan dipaparkan selama event berlangsung. “Ini adalah kesempatan bagi kami untuk mendukung warga Kutai Kartanegara melalui fasilitas pembiayaan yang kami tawarkan,” ungkap perwakilan Bank Kaltimtara.

Penyelenggaraan Gerakan Pangan Murah diharapkan tidak hanya membantu mengendalikan inflasi tetapi juga memperkuat komunitas lokal melalui penyediaan kebutuhan pokok yang terjangkau. “Dengan kegiatan ini, kami ingin memperlihatkan komitmen pemerintah dalam mendukung kesejahteraan masyarakat,” ujar Ahyani Fahdianur.

Baca  Kukar Diakui Kemendikbud Ristek RI untuk Upaya Pendidikan Bahasa Daerah

Kegiatan ini, yang merangkum kolaborasi antar lembaga dan komunitas, diharapkan bisa menjadi langkah nyata pemerintah dalam mewujudkan stabilitas harga pangan di regional. (roro/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button